oleh

Sosialisasi KKBPK, Pasangan Muda Harus Tahu 4T

radarlampung.co.id – Sebanyak 20 pasangan muda dan lima pasang calon pengantin dari Kecamatan Sumberrejo mengikuti sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Selasa (10/9).

Kegiatan kerjasama Dinas PPPA, Pengendalian Penduduk dan KB Tanggamus melalui koordinator penyuluh (Korluh) dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sumberrejo ini berlangsung di Balai Pekon Argomulyo.

Korluh KB Kecamatan Sumberrejo Sri Rojetmi mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman bagi pasangan muda dan calon pengantin tentang kesehatan reproduksi serta jenis alat kontrasepsi. Dengan begitu, mereka bisa memilih atau menentukan alat kontrasepsi yang cocok.

“Harapannya, dengan sosialisasi ini tercipta keluarga kecil bahagia, sejahtera dan pasangan mengetahui apa itu 4T yang harus dihindari. Yakni terlalu muda untuk melahirkan, terlalu tua untuk melahirkan, terlalu dekat jarak kelahirannya dan terlalu banyak jumlah anaknya. Sebab 4T ini sangat berbahaya bagi wanita,” kata Sri. Kegiatan ini juga bertujuan agar pasangan muda paham norma keluarga kecil bahagia sejahtera (NKKBS)

Sementara Camat Sumberejo Mujiono mengatakan, pihaknya mengapresiasi sosialisasi KKBPK. Ia berharap seluruh pasangan muda di kecamatan itu dapat hidup rukun, damai, dan bisa menjadi generasi berencana (GenRe).

Pada bagian lain, Kepala KUA Kecamatan Sumberejo Darmawan menjelaskan, sosialisasi tersebut merupakan wujud realisasi MoU antara Dinas PPPA, Dalduk dan KB dengan Kantor Kemenag Tanggamus. Tujuannya, mempersiapkan calon pengantin agar bisa matang dalam memasuki jenjang pernikahan. (ral/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi