Bandarlampung Gawat, Minuman Penyebab Siswa SD Keracunan Bisa Sebabkan Kanker

Gawat, Minuman Penyebab Siswa SD Keracunan Bisa Sebabkan Kanker

326
Kepala UPT Puskesmas Bakung dr. Dewi Retnosari saat ditemui di Puskesmas setempat, Rabu (11/9). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kepala Puskesmas UPT Bakung dr. Dewi Retnosari membeberkan hasil pemeriksaan minuman sprei buah yang dikonsumsi siswa SDN 1 Olok Gading, yang menyebabkan belasan siswa diduga keracunan. Ya, dalam hal ini pihaknya menyatakan minuman tersebut diduga mengandung Arsen tinggi.

Dia menuturkan, melalui Puskesmas Pembantu (Pustu) ada guru yang melapor siswanya mengalami gangguan kesehatan mendadak secara massal.

“Iya hari itu kita terima laporan dari puskesmas pembantu. Langsung kita tindak lanjuti ke sana dengan memeriksa para siswanya. Dan sampai sana memang siswa pada lemas. Tiga orang mengalami muntah-muntah, tapi tidak ada yang sampai pingsan,” katanya, saat ditemui di Puskesmas Bakung, Rabu (11/9).

Baca :   Kirim Sampel Makanan ke Puslabfor Polda Sumsel

Menurutnya, setelah diperiksa pihaknya langsung membawa sample minuman sprei tersebut ke laboratorium daerah.

“Ternyata hasilnya mengandung arsen dengan kadar yang begitu tinggi, yakni 0,2 miligram. Sedangkan standar boleh digunakan yaitu 0,055 miligram,” ungkapnya.

Adapun efek jangka pendek yang terjadi jika mengkonsumsi minuman itu berlebih akan merasa pusing hingga muntah.

“Ya kalau pendeknya ya seperti itu, pusing mual. Kemudian kalau jangka panjangnya kasinogenic atau kanker,” tegasnya.

Baca :   Kirim Sampel Makanan ke Puslabfor Polda Sumsel

Ditambahkan dr. Marjoko yang saat itu memeriksa para siswa, menurutnya para siswa memang terlihat lemas. “Iya mereka lemes. Kita yang ke sana, melihat ada yang perutnya sakit, langsung kita sarankan minum antadit untuk perut. Kemudian ada wali murid yang membawa susu dan langsung mendingan, tapi tidak ada yang pingsan,” tandasnya. (mel/sur)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini