Lampung Raya MT3, Lamtim Target Tanam 25 Ribu Hektare Sawah  

MT3, Lamtim Target Tanam 25 Ribu Hektare Sawah  

47
Petani di Lampung Timur mulai mengarap lahan untuk persiapan musim tanam ketiga. FOTO DOKUMEN DINAS PERTANIAN, TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA LAMPUNG TIMUR

radarlampung.co.id – Memasuki musim tanam ketiga (MT3) sejumlah petani sawah di Lampung Timur mulai menggarap lahannya. Lahan yang menjadi sasaran tanam mencapai 25.000 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura  Lampung Timur Yusuf HR menjelaskan, sasaran tanam untuk MT3 tersebar pada delapan kecamatan. Yakni Batanghari, Sekampung, Bumiagung, Pekalongan, Batanghari Nuban, Purbolinggo, Waybungur dan Raman Utara.

Baca :   Wabup Instruksikan Camat dan Kapekon di Tanggamus Antispasi Kebakaran Lahan

Penetapan sasaran itu berdasar jadwal pasokan air dari Daerah Irigasi (DI) Sekampung Sistem untuk fider kanal 1 yang meliputi delapan kecamatan.

”Saat ini, irigasi untuk wilayah tersebut telah mendapat pasokan air, sehingga sebagian besar lahan sudah mulai digarap. Ditargetkan pada Desember mendatang sudah panen,” sebut Yusuf yang didampingi Kabid Lahan dan Irigasi Darmadi, Rabu (11/9).

Baca :   Perjuangan Pemadaman Kebakaran Lahan, Mesin Sedot Air Digotong Dekati Titik Api

Yusuf melanjutkan, Lamtim merupakan penyumbang beras terbesar ke dua di Lampung. Luas sawah di kabupaten itu mencapai 63.044 hektare dengan total produksi 700.233 ton.

Ia optimistis, ke depan produksi beras Lamtim akan semakin meningkat. Itu menyusul pembangunan bendungan di Kecamatan Jabung. “Bila bendungan itu telah selesai, diharapkan pasokan air untuk irigasi semakin merata,” ujarnya. (wid/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini