oleh

Asuransi Astra Bangun UKS di PAUD Inklusi Ceria

radarlampung.co.id – Asuransi Astra membangun sebuah Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusi Ceria di Jl. Way Abung, Pahoman, Engal, Bandarlampung. Program ini merupakan bagian dari kampanye #pijarilmu yang digelar secara serentak di puluhan kota se-Indonesia.

Branch Head Asuransi Astra Lampung Ekki Primanda Ramadhan mengatakan, ini merupakan tahun kedua pelaksanaan kampanye #pijarilmu, pihaknya berharap dapat berkontribusi dalam pemberdayaan PAUD inklusi pada anak-anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan berskala nasional ini juga secara spesifik mengarah pada bidang pendidikan. Pihaknya sengaja menyasar PAUD yang merupakan awal mula tumbuh kembang anak-anak. ”PAUD inklusi sendiri ditujukan agar anak difabel bisa memiliki bekal untuk mengenal lembaga keuangan khususnya asuransi. Supaya inklusi keuangan juga bisa meningkat,” kata Ekki, Kamis (12/9).

Ia menabahkan, Asuransi Astra di masing-masing cabang diminta untuk menggelar kegiatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan PAUD di wilayah tersebut. Untuk di Lampung, kegiatan diisi dengan pembangunan UKS dengan mengubah teras menjadi ruang UKS lengkap dengan fasilitasnya.

Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal dan IKNB Herwan Achyar menambahkan, melalui kegiatan yang digelar tersebut juga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk asuransi. Sehingga dapat meningkatkan presentase inklusi keuangan di industri jasa keuangan yang masih terbilang rendah.

”Ini merupakan bentuk kepedulian sosial yang menunjukkan kebijakan perusahaan tidak hanya memikirkan kepuasan mitra kerjanya saja, tetapi turut memperhatikan tanggung jawabnya terhadap lingkungan sekitarnya,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Nurmansyah yang turut hadir mengatakan, kegiatan tersebut secara tidak langsung telah membantu program pemerintah dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Sebab, UKS sendiri merupakan salah satu sarana yang benar-benar dibutuhkan sekolah.

”Program Asuransi Astra ini sejalan dengan program Pemkot (Bandarlampung) untuk mewujudkan Kota Layak Anak. Adapun salah satu penilaiannya dilihat dari perwujudan Sekolah Ramah Anak,” tandasnya.

Kepala PAUD Inklusi Ceria Erna Widya Wati mengatakan, ruang UKS yang dibangun Asuransi Astra tersebut nantinya akan difungsikan sebagai ruang observasi dan konseling anak berkebutuhan khusus.

”Kedepannya, dengan adanya ruang UKS ini kami akan menggulirkan program pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan siswa secara rutin. Mulai dari mengecek perkembangan anak sampai pencatatan rekam medis minimal selama sebulan sekali,” pungkasnua. (ega/kyd)



Komentar

Rekomendasi