oleh

Perjuangan Pemadaman Kebakaran Lahan, Mesin Sedot Air Digotong Dekati Titik Api

radarlampung.co.id – Tim gabungan pemadam kebakaran, Polsek dan Koramil Kotaagung dibantu warga berupaya memadamkan api yang membakar lahan serta hutan di Pedukuhan Batusiluman, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis sore (12/9). Lokasi yang terbakar ini berbatasan dengan lahan milik Pertamina di Pekon Batubalai.

Awalnya titik api terlihat di pinggir jalan Batu Siluman, Pekon Sukabanjar. Banyaknya daun kering membuat api cepat menjalar. Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang ke dedaunan.

Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono mengatakan, pihaknya mendapat informasi kebakaran lahan sekitar pukul 13.30 WIB. Informasi ini dikoordinasikan dengan Koramil, BPBD dan Damkar.

“Usai mendapatkan informasi, bersama Danramil Kapten Julian Abri, Camat Kotaagung Timur Firdaus dan Sekretaris Satpol PP, kami mendatangi lokasi kebakaran,” kata Muji Harjono mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto.

Diperkirakan, lahan yang terbakar mencapai satu hektare dengan kondisi cukup terjal. Ini menjadi kendala proses pemadaman.

”Perlu waktu sekitar empat jam lebih untuk memadamkan api. Sebab petugas pemadam kebakaran yang mendatangi lokasi sekitar pukul 14.00 WIB, harus melalui medan yang terjal. Alhamdulillah. Walaupun banyak kendala, akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB,” urainya.



Komentar

Rekomendasi