oleh

Temuan Kapal Tanpa Awak di Perairan Lamtim, Polda Koordinasi dengan Interpol

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pihak Direktorat Kepolisian Air (Dit Polair) Polda Lampung telah mengevakuasi salah satu kapal tanpa awak yag terdampar di perairan Lampung Timur, Jumat (6/9) lalu.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, dari Direktorat Kepolisian Air (Dit Polair) Polda Lampung telah melakukan penyelidikan dan saat ini kapal itu sudah ditarik ke perairan di Bandarlampung.

“Saat ini proses penyidikan mengenai keberadaan kapal itu asal usulnya dimana. Pihak polisi akan bekerjasama dengan pihak imigrasi mengenai keberadaan paspord yang ditemukan, untuk berkoordinasi dengan jaringan Interpol mengenai kapal tersebut,” ujar Pandra -sapaan akrabnya, Rabu (11/9).

Dari penyelidikan lebih lanjut diketahui, kapal asing itu sudah mendapatkan izin untuk berlayar. Namun pada saat ditemukan seorang penduduk, ternyata tidak ada orang yang mengawakinya. Namun ditemukan beberapa dokumen-dokumen dan diamankan. Dan para penduduk itu langsung ke Pos Polairud yang terdekat disana.

“Dan ada dokumen berupa passpor diduga milik warga negara asing yang berasal dari Negara Italia,” terangnya.

Untuk diketahui, kapal tanpa awak itu pertama kali ditemukan nelayan Kuala PenetLampung Timur, bernama Ali. Saat itu Ali sedang mencari ikan di laut Luar Sungai Burung.

“Kemudian dia melihat kapal berwarna putih yang terlihat mengapung dalam keadaan mati mesin,” jelasnya.

Pandra menjelaskan, kemudian Ali mendekati kapal tersebut dan menaikinya. Saat berada di atas kapal tidak ditemukan seorang awak kapal maupun orang lainnya yang berada di dalam kapal tersebut.

“Kemudian Ali memutuskan untuk menarik kapal tersebut ke pinggir Pancer Kuala Penet. Dirinya juga melaporkan hal itu pangkalan kapal polisi XXV1007 Kuala Penet,” tandasnya. (ang/sur)



Komentar

Rekomendasi