oleh

Tim Survei Akreditasi Puskesmas Kunjungi Tanggamus

radarlampung.co.id – Tim survei akreditasi puskesmas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan penilaian terhadap dua puskemas di Tanggamus. Yakni Puskesmas Kotaagung dan Gisting.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, ada dua tim penilai yang terdiri dari enam orang. ”Sudah tiga hari ini tim survei menilai. Untuk satu puskesmas lagi yakni Puskesmas Talangpadang memang belum. Sebab masih menunggu instruksi dari pusat,” kata Taufik Hidayat mewakili Kepala Diskes Tanggamus Sukisno, Sabtu (14/9)

Menurut Taufik, ada sejumlah komponen yang menjadi penilaian tim survei. Secara umum adalah manajemen puskesmas, mutu pelayanan, audit internal puskesmas, upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

”Dua puskesmas yang disurvei ini sudah terakreditasi sejak tiga tahun lalu. Saat ini akreditasi madya,” ujarnya.

Dilanjutkan, tahapan akreditasi terdiri dari dasar, madya, utama dan paripurna. ”Jika awalnya puskesmas sudah dapatkan akreditasi apapun, maka tiga tahun berikutnya harus naik ke status diatasnya. Untuk saat ini tim survei memotret kesiapan puskesmas. Hasilnya dilaporkan ke Komisi Akreditasi FKTP Pusat yakni komisi yang menentukan madya atau utama,” sebut dia.

Taufik mengharapkan puskesmas yang disurvei tahun ini untuk reakreditasi bisa naik satu tingkat, yakni utama atau menjadi paripurna. (ral/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi