oleh

Minta Dibangun SMA Negeri, Warga Rela Hibahkan Tanah

radarlampung.co.id – Sejumlah tokoh masyarakat dan Kepala Desa Tamanjaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) berencana akan menghibahkan lahan seluas satu hektare (Ha). Hibah tanah ini ditujukan agar dibangunnya gedung baru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Warga masyarakat Kecamatan Kotabumi Selatan serta dua kecamatan lainnya yakni Abung Selatan dan Abung Kunang sangat berharap penuh kepada Pemprov. Sebab selama ini masyarakat tiga kecamatan mengeluhkan jarak tempuh ke sekolah yang ada di Kotabumi.

“Warga kita mengharapkan sekali gedung sekolah baru, warga siap menghibahkan lahan agar anak-anak tidak putus sekolah dengan alasan jarak tempuh. Semoga Pemerintah provinsi dapat segera meresponsnya dengan baik dan dapat segera melakukan pembangunan untuk sekolah SMA Negeri di wilayah tiga kecamatan ini,” kata Kadesjaman Jaya, Burhan, Minggu (15/9).

Menurutnya, keberadaan SMA Negeri sangat diharapkan dan didambakan masyarakat. Pasalnya selama ini masyarakat setempat hanya mengandalkan SMA Negeri yang ada di wilayah Kota, dengan jarak tempuhnya kurang lebih 20-30 km sebagai tempat anak-anak mereka mengenyam pendidikan.

“Jarak tempuh sangat jauh, apalagi dengan melewati ladang sepi yang rawan akan kejahatan begal, sehingga anak-anak kita ada yang kos dan ada yang enggan sekolah,” tandasnya.

Senada dikatakan Hendri, warga masyarakat setempat, Anak Usia sekolah yang sudah menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama ini sangat terbebani kalau untuk meneruskan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Pasalnya untuk meneruskan sekolah mereka harus ke Kotabumi yang jarak tempuhnya sangat jauh. “Kalau mau lanjut ke SMA yang ada di Kotabumi, dari desa kami naik motor melewati ladang yang kita ketahui sangat sepi dan rawan kejahatan. Ini sangat berat dan buat kami sangat khawatir,” tambahnya.(ozy/kyd)



Baca :   OTT Inspektorat, Arinal: Itu Diperintah atau Sudah jadi Budaya

Komentar

Rekomendasi