oleh

Taiwan Tujuan Favorit TKI asal Mesuji

radarlampung.co.id – Taiwan masih menjadi negara favorit tujuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Mesuji. Penghasilan yang lebih tinggi dibanding dengan negara lainnya menjadi salah satu daya tarik mencari peruntungan di negeri ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Mesuji Ripriyanto melalui Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan dan Tenaga Kerja Didin mengatakan, tercatat ada 185 orang dari Mesuji yang bekerja di Taiwan.

Menurutnya, selain Taiwan ada Singapura dengan jumlah TKI 32 orang, Malaysia dengan 54, Hong Kong 60, dan yang terakhir Brunei Darussalam 2 orang. “Data tersebut priode Januari – Agustus 2019 dengan total 333 orang pekerja migran Indonesia dari Mesuji,” ungkapnya.

Jadi Sampai hari ini Negara Taiwan dan Hongkong masih menjadi pilihan dan menjadi Negara favorit, bagi warga Mesuji untuk menjadi negara tujuan kerja di luar negeri. Alasan warga menjadikan Taiwan dan Hongkong jadi tujuan kerja di luar negeri karena bisa juga karena gajinya lebih besar, ketimbang dengan negara lain, dan ada juga yang ikut saudaranya yang sudah lama kerja.

“Untuk jenis profesi PMI asal Mesuji pun bervariatif, mulai dari sektor formal, maupun informal. Sektor formal antara lain bekerja di bidang industri, sedangkan informal dalam bentuk asisten rumah tangga,” tandasnya. (muk/kyd)



Komentar

Rekomendasi