oleh

Tingkatkan PAD, Pemkab Pesawaran Tarik Retribusi Tiket BUMDes

radarlampung.co.id – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Pesawaran untuk menìngkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD). Salah satunya melalui retribusi ticketing dari sekitar 50 desa yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kita sudah petakan desa-desa yang memiliki potensi retribusi. Nanti akan masuk dalam PAD melalui pendapatan lain-lain yang sah,” kata Kepala Bina Potensi Daerah Anggun Saputra, Minggu (15/9).

Dikatakan, dari setiap desa yang memiliki potensi wisata, seperti wisata agro, air terjun, pegunungan, hingga wisata buah yang dikelola BUMDes tentunya akan berdampak terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke desa tersebut. Selain itu, efek lainnya yakni perekonomian warga di desa tersebut turut berputar

“Artinya di setiap wisata di desa apakah air terjun, pengunungan, agrowisata akan didatangi orang. Dan itu diatur melalui tiket masuk. Nah, disitulah kita sharing dengan desa untuk memberikan kontribusi bagi PAD Pesawaran,” tandasnya.

Dengan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan Desa, lanjut Anggun, tentunya daya dukung pemerintah daerah terhadap sejumlah fasilitas, infrastruktur dan sarana-prasarana di desa tersebut secara otomatis akan berjalan secara sinergi

“Karena selain promosi, sejumlah sarana prasarana, infrastruktur dapat kita bantu melalui APBD, APBN atau dari dana CSR untuk pengembangan desa,” tandasnya.(Ozi/kyd)



Komentar

Rekomendasi