oleh

183 Siswa MTS GUPPI Natar Kunjungi Graha Pena Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 183 siswa dan 21 guru dari Madrasah Tsanawiyah (MTS) GUPPI Natar Lampung Selatan secara perdana melakukan kunjungan ke Surat Kabar Harian (SKH) Radar Lampung, Senin (16/9). Kehadiran mereka disambut langsung Pimpinan Redaksi Radarlampung.co.id Widi Sandika.

Kepala MTS GUPPI Natar Kasim Bakri mengatakan, kunjungan ini merupakan kegiatan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan PKN, dan syarat wajib pembuatan karya ilmiah.

Ia menambahkan, dengan kunjungan ini, siswa diharapkan mampu mengetahui bagaimana distribusi koran ke daerah, peliputan berita sampai dengan outputnya yaitu surat kabar, serta bagaimana proses pembuatan berita di media massa online.

Baca :   SMPN 30 Pesawaran Belajar Jurnalistik di Radar Lampung

“Alhamdulillah bapak Widi telah menjelaskan apa yang ingin kita tahu tentang media massa. Saya mengucapkan terima kasih karena telah disambut dengan baik, semoga Radar tetap jaya,” ungkapnya di sela-sela kunjungan.

Dalam pemberian materi Widi awalnya menjelaskan secara detail dan bertahap tentang struktur redaksi di Radar Lampung beserta tugas dan kewajiban para awak redaksi, pola dan jam kerja reporter, proses pembuatan berita surat kabar dan online dari hulu ke hilir, serta pencetakan koran sampai dengan cara pendistribusiannya.

Baca :   SMPN 30 Pesawaran Belajar Jurnalistik di Radar Lampung

Tak kalah edukatif diakhir pemberian materi karena minimnya waktu, Widi secara singkat menjelaskan tentang perbedaan media massa online dengan media sosial.

“Media massa online dalam menyuguhkan berita mempunyai penanggung jawab dan dapat dipertanggungjawabkan secara jurnalistik dan institutional kekredibelannya, Sedangkan media sosial menjadi tanggung jawab pribadi dan kebanyakan tidak diulas secara dalam sehingga fakta yang ditampilkan terkadang melenceng dari kenyataan dan harus dipertanggungjawabkan secara pribadi. Saya berharap adik-adik lebih berhati-hati saat menggunakan media sosial,” ujarnya. (cw1/sur)



Komentar

Rekomendasi