oleh

Danrem 043 Garuda Hitam Jadi Pemateri Bela Negara Propti Teknokrat

radarlampung.co.id-Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. M. Nasrullah Yusuf,SE.,M.BA., bersilaturahmi dengan Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Inf Taufiq Hanafi beserta jajarannya di Korem 043 Garuda Hitam, Selasa (17/9).

Nasrullah Yusuf menceritakan sederet prestasi dari Universitas Teknokrat Indonesia, baik nasional maupun internasional, bidang akademik maupun non akademik. Diantaranya, juara Asean 2019 kategori ROV Under Water (Robot Kapal Selam), juara 1 KRSBI Humanoid KRI 2019 Regional 1, dan lainnya.

“Dulu, saat drone belum ada di masyarakat, kami sudah duluan. Jadi sudah banyak prestasi yang kita ukir di regional maupun internasional,” kata Nasrullah, Senin (17/9).

Nasrullah juga mengungkapkan kedatangannya bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan Danrem 043 Gatam dalam rangka mengundang pejabat Korem untuk bisa datang memberikan materi bela negara kepada ribuan mahasiswa baru Universitas Teknokrat Indonesia dalam Program Orientasi Perguruan Tinggi (Propti) tahun 2019.

“Dari Kemenristekdikti ada beberapa kurikulum yang harus disampaikan kepada mahasiswa, salah satunya kurikulum tentang bela negara. Kemudian, arahan dari Pak Menhan, bagaimana bela negara bisa masuk ke kampus, diberikan kepada mahasiswa,” ungkap Nasrullah.

Hal tersebut, agar para mahasiswa memiliki jiwa nasionalisme, dan patriotisme yang tinggi. Pihaknya juga selalu mengawasi setiap organisasi mahasiswa untuk menghindarkan mahasiswa terjebak ke dalam organisasi-organisasi yang tanpa bentuk.

Sementara, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufiq Hanafi menuturkan, pihaknya sangat menyambut baik kedatangan rektor Universitas Teknokrat Indonesia beserta jajarannya. Ia juga menjelaskan, bela negara bukan selalu diartikan sebagai membela negara dengan membawa senjata, tetapi bela negara mempunyai arti yang lebih luas.

“Bela negara lebih kepada sesuai bidang profesinya masing-masing. Misalnya, seorang mahasiswa, bagaimana mahasiswa bisa membela negara. Menjadi mahasiswa yang baik dengan melaksanakan tugas belajarnya dengan baik sesuai dengan seorang mahasiswa, itu juga sudah sebagai bentuk membela negara. Begitupun dengan guru, dokter, atau pegawai swasta, menjalankan tugas sesuai dengan job descriptionnya dengan baik, itu juga sebagai bentuk berbakti kepada negara,” jelasnya.

Pihaknya nanti akan memberikan materi tentang semangat cinta tanah air, bangsa dan negara, serta bangga menjadi seorang warga negara Indonesia.

“Kita nanti akan berikan materi yang lebih banyak kepada mahasiswa tentang bela negara. Bagaimana semangat mencintai tanah air, bangga menjadi warga negara Indonesia, mencintai produk-produk dalam negeri dan sebagainya,” ungkapnya.(rls/rur/wdi)



Komentar

Rekomendasi