oleh

Hari Ini Mural Underpass Dilanjutkan, 3 Pleton Pol PP Dikerahkan untuk Penjagaan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam menjamin keamanan para seniman lukis dari tindakan premanisme selama mengerjakan mural underpass, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan menyiagakan 3 pleton Polisi Pamong Praja (Pol PP).

Ya, disampaikan Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. melalui Plt. Kepala Badan Pol PP Bandarlampung Suhardi Syamsi akan memperketat penjagaan dengan menerjunkan 3 pleton atau 90 orang personil di lokasi.

Pemkot semakin memperketat keamanan, sebagai tindak lanjut kejadian pengeroyokan terhadap para seniman yang dilakukan sekelompok orang, Minggu (15/9), sekitar pukul 03.00 WIB.

Menurutnya, pihaknya sebelumnya telah berusaha melakukan pengamanan dengan cara patroli di lokasi tiap satu jam sekali. Namun, pada malam ini pihaknya kecolongan atas insiden pengeroyokan secara berutal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu.

“Sebenarnya dari awal memang kita sudah melakukan pengawasan, hanya memang sifatnya tidak menginap. Jadi personil pertugas ketertiban umum pada malam hari itu per satu jam sekali keliling,” katanya, Senin (16/9).

Dengan demikian, sesuai intruksi wali kota, dirinya menerjunkan sebanyak 3 pleton atau 90 orang personil tiap hari di lokasi sampai selesai berjalannya pengerjaan mural. “Dalam sehari semalem kita akan lakukan pengamanan, kita buat 3 sift jadi 3 pleton yang akan terjun supaya lebih maksimal,” jelasnya.

Tugas personil di sana untuk memastikan bahwa para seniman yang sedang melukis bisa bekerja lebih fokus dan maksimal, serta lebih rileks dan tidak lagi khawatir atas adanya gangguan pihak lain yang kurang bertanggung jawab.

Menurutnya, pihaknya juga akan dibantu anggota Polresta Bandarlampung yang turut andil dalam melakukan pengaman sampai dengan pengerjaan mural selesai. “Polresta juga sudah memberikan jaminan melalui Wakapolresta yang disampaikan dengan Pak Sekda,” imbuhnya.

Terkait pengamanan ini, pihaknya juga sudah berkoordinasi kepada Kepala Dinas Pariwisata Bandarlampung agar segera melanjutkan pekerjaannya seperti biasa dengan tenang. “Sudah diputuskan sesuai perintah pak wali kota, para pelukis sudah bisa mulai kerja kembali besok (17/9),” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Bandarlampung M. Yudhi mengungkapkan, berdasarkan hasil pertemuan antara Sekretaris Kota Bandarlampung Badri Tamam, Asisten II Pola Pardede, Asisten III Saprodi, camat, lurah dan para seniman di halaman Museum Lampung memutuskan melanjutkan pekerjaan mural pagi ini, Selasa (17/9).

Dengan demikian, para seniman juga telah bersedia untuk melanjutkan pekerjaan seninya. Direncanakan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk target pengerjaan, sesuai dengan permintaan wali kota agar dikerjakan segera, maka dirinya menargetkan pengerjaan selambat-lambatnya selesai tujuh hari kedepan.

“Target kita secepatnya. Dan engga lama-lama. Dengan catatan tidaka ada gangguan lagi. Mudah-mudahan satu minggu lagi paling lambat ya sudah selesai hingg finishing dan perapihan, terhitung sejak besok selama seminggu,” katanya. (apr/sur)



Komentar

Rekomendasi