oleh

Target Update Profil Desa Selesai Tahun Ini

radarlampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pesawaran optimistis tahun ini semua desa telah melakukan pembaruan profil desa. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas PMD Nur Asikin dalam pelatihan Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) di aula Balai Besar Perikanan Budidaya Laut  (BBPBL) Lampung, Desa Hanura, Kecamatan Telukpandan, Rabu (18/9).

Menurut Nur Asikin, profil desa merupakan kebutuhan data dasar bagi perencanaan dan evaluasi pelaksanaan seluruh kegiatan. “Kita sangat mengharapkan dan suatu keharusan agar setiap desa dapat meng-update profil desa tahun ini. Saat ini baru sekitar 51 persen desa yang telah mengupdate data profil,” kata Nur Asikin.

Dilanjutkan, untuk desa yang belum memperbaharui profil, langkah pertama adalah membentuk kelompok kerja (pokja). Pendanaan kegiatan ini bisa melalui APBDesa.

Baca :   Dewan Nilai Program Pembangunan di Pesawaran Belum Maksimal

”Setelah pokja terbentuk dan memang desa itu belum pernah meng-update data profil desa. Terlebih dahulu kita mulai dengan pengumpulan, entry dan pengolahan data,” urainya.

Nur Asikin juga mengakui bukan hal mudah untuk meng-update profil desa. ”Jika desa telah melakukan update data, maka nanti hasilnya akan terlihat untuk klasifikasi desa tersebut. Apakah masuk dalam klasifikasi desa swadaya, swakarya atau swasembada. Hal ini juga sebagai dasar untuk menyusun SOTK (struktur organisasi dan tata kepemerintahan) desa,” tegasnya. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi