oleh

Ini Penampakan Kapal Bantuan Kemenhub untuk Dishub Tanggamus

radarlampung.co.id – Dinas Perhubungan Tanggamus menerima hibah satu unit kapal pelayaran rakyat (Pelra) Banawa Nusantara 62 dengan bobot 34 grosston (GT) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kapal dengan panjang 13,5 meter dan lebar empat meter itu sudah sandar di Dermaga Pelabuhan Kotaagung.

Kasi Angkutan Laut Dishub Tanggamus Irwan Suteja  mewakili Kepal Dishub Razi Azanisya mengatakan, selain angkutan barang dan orang, kapal itu akan digunakan untuk pariwisata. ”Kapal Pelra tiba di Dermaga Kotaagung 4 September lalu. Langsung dijemput dari Rembang, Jawa Tengah,” kata Irwan kepada Radarlampung.co.id, Rabu (18/9).

Meski sudah berada di Tanggamus, belum ada serah terima kapal dari Kemenhub. Karena itu, pengelolaan sepenuhnya  masih dalam tangung jawab Dishub Tanggamus. ”Untuk saat ini, operasionalnya masih kita yang handle. Karena ini (kapal, Red) hanya satu unit. Jadi sepenuhnya kita yang tanggung jawab,” sebut dia.

Irwan menjelaskan, kapal Pelra yang diserahkan senilai Rp2,5 miliar dengan pengadaan dari APBN 2018. Kapal tersebut memiliki kapasitas 24 penumpang dan mampu mengangkut muatan maksimal 15 ton. Kemudian kapasitas mesin 35 GT yang mampu berjalan pada kecepatan rata-rata sembilan knot.

“Kapal Pelra telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap. Seperti jaket keselamatan, perlengkapan pencegahan kebakaran, navigasi, radio komunikasi, dan pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan penumpang,” terangnya.

Dilanjutkan, sebenarnya Dishub Tanggamus mengusulkan dua unit kapal ke Kemenhub. Namun baru satu direalisasikan. ”Mudah-mudahan tahun depan kita mendapatkan bantuan satu unit lagi, sehingga kebutuhan masyarakat di seberang laut bisa tercover,” tegasna. (zep/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi