oleh

Pegawai Dua Satker di Tanggamus Sasaran Tes Urine, Hasilnya…

radarlampung.co.id – Mendadak, ratusan pegawai di Pemkab Tanggamus diminta mengikuti tes urine, Rabu (18/9). Kali pertama, kegiatan yang dilaksanakan pemkab dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) itu menyasar Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) serta Satpol PP.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Hamid H. Lubis mengatakan, tes urine ini menjadi bagian kebijakan bupati-wakil bupati dalam rangka menerapkan konsep pelayanan ramah, amanah tegas dan unggul (RATU). Salah satunya indikator penunjang adalah bebas narkoba.

Tercatat, 146 pegawai yang menjalani tes urine. Rinciannya Satpol PP sebanyak 69 pegawai dan Dinas PPKAD berjumlah 77 orang.

”Jadi, memang kita melaksanakan ini dadakan. Harapannya, menjadi shock terapi serta peringatan bagi pegawai di Tanggamus agar tidak mencoba narkoba. Sebab bagaimanapun bentuknya, narkoba akan memengaruhi kinerja jajaran,” tegas Hamid.

Ia menegaskan, jika ada yang positif menggunakan narkoba, sanksi akan diberikan sesuai aturan. ”Bupati dalam hal ini memegang teguh komitmen tanpa tebang pilih. Semua dinas akan diterapkan sama. Kita tidak melihat ini sebagai sebuah eksekusi. Tapi menitikberatkan dan mengingatkan kepada seluruh jajaran. Jauhi narkoba,” sebut dia.

Sementara Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di pemkab setempat.

”Ke depan, kita tinggal menunggu kesiapan dari pemkab. BNNK Tanggamus dalam hal ini siap membantu upaya pencegahan narkoba. Untuk hasil tes urine hari ini, akan kita sampaikan ke pemkab,” kata Kolbidi. (iqb/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi