oleh

Cuma Satu Kursi di DPRD Lamteng, PAN Gabung ke Fraksi Mana ?

radarlampung.co.id-DPRD Kabupaten Lampung Tengah periode 2019-2024 kini memiliki tujuh fraksi. Tujuh fraksi itu yakni Fraksi PDI Perjuangan dengan ketua fraksi Kadek Joko Supriyatin, Fraksi Golkar yang diketuai, Yulius Heri Susanto, Fraksi NasDem dengan ketua Hanafiah, Fraksi Demokrat diketuai Najamudin, Fraksi PKB diketuai Meri Andriyani dan Fraksi Gerindra diketuai Saenul Abidin.

Penentuan ketua fraksi tersebut disampaikan dalam rapat paripurna Jumat (20/9). Selain itu, rapat juga membahas keanggotaan fraksi-fraksi. Bagi parpol yang memiliki kursi cukup untuk membangun satu fraksi, maka hal tersebut tidak jadi masalah. Lain halnya jika partai tidak memiliki kursi yang cukup untuk membangun fraksi. Seperti Partai Amanat Nasional (PAN) yang hanya mendapat satu kursi di parlemen atas nama Rasyid Effendi.

Rasyid harus bergabung dengan fraksi-fraksi yang telah ada. Dirinya sendiri mengaku lebih memilih bergabung dengan Fraksi Partai Demokrat. Meskipun ada surat yang masuk ke DPRD Lamteng meminta dirinya bergabung dengan Fraksi Partai Golkar.

“Terkait dua surat yang diminta bergabung dengan Fraksi Golkar dan Demokrat, ini karena terjadi dualisme kepemimpinan di DPD PAN.  Tapi, selayaknya PAN bergabung dengan Fraksi Demokrat,” katanya.

Dengan hal ini, Ketua DPRD Lamteng Sumarsono yang memimpin paripurna menyatakan unsur pimpinan dan sekretariat dewan akan mengklarifikasi dua surat yang masuk itu. “Kita akan klarifikasi atas dua surat yang masuk ke sekretariat dewan. Kita akan klarifikasi ke satu tingkat di atasnya, yakni ke DPW PAN. Surat yang sah dan benar yang mana?” katanya.

Terkait komisi-komisi, kata Sumarsono belum terbentuk karena menunggu u sur pimpinan defenitif. “Belum kita bentuk. Menunggu unsur pimpinan dewan definitif,” ungkapnya. (sya/wdi)



Komentar

Rekomendasi