oleh

Awal Oktober, Ditlantas Polda Lampung Terapkan Smart SIM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung melaksanakan syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64, di Aula Ditlantas Minggu (22/9).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung Kombes Pol Chiko Ardwiatto mengatakan, tema yang dibawa dalam HUT ke-64 hari lalu lintas ini yakni, dengan semangat promoter Ditlantas Polda Lampung mengoptimalkan pelayanan publik yang berbasis IT menuju polisi yang promoter.

“Semoga dengan HUT ke-64 ini anggota semakin profesional. Kemudian lebih mempunyai integritas yang tinggi juga lebih dapat menurunkan kecelakaan lalu lintas menuju safety riding,” ujar mantan Dirlantas Polda Sulawesi Barat ini.

Ditanya mengenai launching Smart SIM yang diwacanakan terlaksana pekan ini, lulusan Akabri tahun 1995 ini menjelaskan bahwa, pihak Ditlantas Polda Lampung akan me-launching-nya awal bulan depan.

“Hari ini (Minggu, red) Korlantas Mabes Polri terlebih dahulu yang melakukan sosialisai mengrnai Smart SIM. Setelah sosialisasi ini berarti sudah mulai coba dijalankan. Nantinya akan dicoba kepada internal dulu baru ke masyarakat luas. Kalau untuk di Lampung sendiri akan kita lakukan di awal bulan,” jelasnya.

Untuk Lampung lanjut Chiko -sapaan akrabnya- nantinya akan mendapatkan jatah 30 ribu kartu smart SIM. “Kalau mau habis atau tidak cukup, kalau material seperti itu masih akan ditambah, dari Korlantas akan dikirim lagi,” ungkapnya.

Ya, bila awal bulan Smart SIM ini di-launching, seluruh Saltlantas yang ada di jajaran Polda Lampung wajib langsung menerapkannya. “Tidak hanya di Bandarlampung saja. Nanti kalau sudah launching akan kita terapkan ke seluruh Satlantas jajaran,” tegasnya.

Namun, ia juga belum tahu mengenai Bank mana yang akan bekerjasama dalam pengisian e-money di kartu Smart SIM tersebut. Tetapi, ia pun sedikit memberi bocoran akan menggandeng Bank lokal dan swasta.

“Kalau banknya sendiri nanti belum bisa kita pastikan. Tetapi untuk di daerah sendiri nanti kita akan bekerjasama dengan bank daerah dan bank swasta,” kata dia.

Disinggung mengenai setelah Smart SIM ini diterapkan apakah pihak Ditlantas juga akan menerapkan e-tilang, polisi berpangkat melati tiga ini belum bisa menjelaskannya secara terperinci.

“Kalau penerapan e-tilang sendiri itu insyaaAllah sudah direncanakan. Dan sudah kita maping wilayahnya di mana saja, dan kita akan bekerjasama dengan stakeholder perangkat daerah, berkaitan dengan pengadaan fasilitasnya,” tuturnya.



Komentar

Rekomendasi