oleh

Lahan Gambut di Lamtim Terbakar

radarlampung.co.id-Bahaya kebakaran lahan mengancam lahan gambut di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Timur Tri Pranoto menjelaskan, dampak dari musim kemarau ini lahan gambut di wilayah Desa Adiluhur Kecamatan Jabung sempat terbakar, Senin (23/9).

“Lahan gambut yang terbakar tersebut seluas 5 hektar dan sebagian besar ditanami sawit oleh warga setempat,”jelas Tri Pranoto, Selasa (24/9).

Dilanjutkan, untuk mengatasi kebakaran lahan tersebut, BPBD Lamtim telah menurunkan Satgas pemadam kebakaran dibantu personil dari TNI dan Polri serta masyarakat. “Saat ini, api telah berhasil dipadamkan,”lanjut Tri Pranoto.

Kendati api telah berhasil dipadamkan, namun personil BPBD Lamtim masih tetap siaga. Itu untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya sisa api yang berada di bagian bawah lahan gambut. “Untuk memadamkan kebakaran di lahan gambut membutuhkan waktu. Kami akan membentuk tim khusus untuk mengatasi kebakaran lahan gambut,”imbuh Tri Pranoto.

Kesemoptan yang sama Tri Pranoto  menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan cara pembakaran saat membuka lahan.  Sebab, di musim kemarau seperti saat ini, tindakan pembakaran ranting dan sisa-sisa tanaman dan sampah serta membuang punting rokok sembarangan dapat memicu peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Selain itu, BPBP juga akan berkoordinasi dengan Polsek dan Polres Lamtim terkait upaya pencegahan Karhutla. (wid/wdi)



Komentar

Rekomendasi