oleh

Pilkades Serentak Pesawaran, 26 Desa Masuk Katagori Rawan

radarlampung.co.id – Dari 80 desa di Pesawaran yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 21 Oktober mendatang, 26 wilayah masuk katagori rawan. Polres Pesawaran menurunkan 260 personel untuk mengamankan jalannya proses pemilihan.

Berdasar hasil pemetaan aparat kepolisian, desa katagori rawan itu, masing-masing lima desa di Kecamatan Negerikaton dan Tegineneng. Tiga desa di Kecamatan Kedondong dan Gedongtataan, kemudian dua desa di Kecamatan Waylima, Telukpandan dan Wayratai. Lalu masing-masing satu desa di Kecamatan Waykhilau, Padangcermin, Margapunduh dan Punduhpedada.

Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro melalui Kabagops AKP Yohanis mengatakan, setiap TPS atau desa dalam katagori rawan, akan diawasi empat personel. Sementara untuk 54 desa dengan katagori aman, hanya diturunkan dua personel per TPS.

”Kepolisian  juga akan menerjunkan lima personel pada empat titik Pos AJU. Kemudian satu personel tiap kecamatam unuk PADAL dan tiga personil unuk PAMATWIL,” kata Yohanis saat menghadiri Deklarasi Damai Pilkades Serentak di GSG Pemkab Pesawaran, Rabu (25/9).

Dilanjutkan, upaya meminimalisir terjadinya konflik, kepolisian akan melakukam sambang dengan calon, keluarga, tim sukses, panitia penyelenggara dan tokoh-tokoh masyarakat. Dalam kegiatan itu diberikan edukasi tentang pilkades aman, damai dan sejuk.

”Kita juga menyiagakan perkuatan personel untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi permasalahan dan melaksanakan patroli skala besar di desa,” sebut dia. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi