oleh

BI Lampung-Tokopedia Dorong UMKM Go Digital

radarlampung.co.id – Guna mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Go Digital, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menggelar kegiatan workshop on boarding UMKM di E-Commerce dan Enhance di Lampung.

Menghadirkan narasumber dari Tokopedia, kegiatan yang diikuti sebanyak 35 UMKM tersebut berlangsung di ruang rapat lantai II BI Lampung, Kamis (26/9).

Manajer Fungsi Analisis Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, serta Keuangan Inklusif dan Perlindungan Konsumen, Yustitia Asri Ertaningrum menjelaskan bahwa kegiatan yang bekerjasama dengan Tokopedia ini sengaja diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas UMKM, khususnya binaan Bank Indonesia.

”Dalam kegiatan ini ada sebanyak 15 UMKM binaan Bank Indonesia, kemudian 5 UMKM generasi dan 15 UMKM yang telah dibantu Bank Indonesia untuk mendapatkan sertifikat halal sebelumnya,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Kamis (26/9).

Dalam workshop tersebut, sambung dia, para UMKM diberikan materi pengenalan tentang Tokopedia mulai dari back office, pengelolaan tampilan toko, pembuatan deskripsi produk, serta pengambilan foto produk agar bisa menarik minat konsumen.

Lebih jauh dia mengatakan, UMKM sendiri memang membutuhkan perhatian, terutama yang belum tersentuh e-commerce. ”Selain itu di era ekonomi digital, UMKM jika tidak diedukasi dengan e-commerce maka akan tergilas jaman,” tandasnya.

Karena, sambung dia, ke depannya penjualan dengan sistem manual akan ditinggaljan dan ekonomi digital akan sangar berkembang. ”Makanya kami hubungkan dengan e-commerce,” pungkasnya. (ega/kyd)


Komentar

Rekomendasi