oleh

Peserta Aksi Terobos Barikade Polisi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gabungan mahasiswa Kota Metro kembali menggelar aksi damai. Kali ini dilakukan Aliansi Mahasiswa Kota Metro yang menggeruduk kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Kamis (26/9).

Terpantau peserta yang berjumlah ribuan tersebut long march dari Wisama Haji Kota Metro menuju Pemkot Metro. Peserta aksi pun disambut oleh Wakil Wali Kota Metro Djohan. Namun sempat terjadi ketegangan lantaran mahasiswa menginginkan yang menerima wali kota langsung.

Setelah beberapa saat menyampaikan aksi di depan Pemkot, ribuan mahasiswa pun menerobos barikade polisi dan Satpol PP Metro yang berjaga di depan gerbang Kantor Pemkot, dan menduduki halaman Pemkot Metro.

Akhirinya beberpa perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus di Bumi Sai Wawai tersebut diajak berdiskusi oleh wakil wali kota di ruangan OR Pemkot Metro, sementara yang lain masih tetap melanjutkan orasi.

Diketahui bersadarkan rilis yang dibuat peserta aksi, mereka menyampaikan enam tuntutan, yaitu mencabut UU KPK Revisi terbaru melalui peraturan perundang-undangan; menolak pengesahan RUU KUHP; menuntut negara untuk elit-elit yang telibat dan bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan di beberapa wilayah Indonesia; menolak pasal-pasal yang bermasalah salam RUU ketenagakerjaan yang tidak berpihak kepada pekerja.

Lalu menolak pasal-pasal problematis dalam RUU Pertanahan yang merupakan bentuk penghianatan terhasap repormasi agraria, mendorong proses demokratis di Indonesia dan menghentikan penangkapan aktivis diberbagai sektor. (pip/sur) 



Komentar

Rekomendasi