oleh

Tim Gabungan Siaga, Gajah Teror Bandingagung  

radarlampung.coid – Dari Pekon Roworejo dan Sidorejo, Kecamatan Suoh, kawanan gajah liar bergeser ke areal perkebunan warga di Pekon Bandingagung dan mendekati perbatasan Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS).

Hewan berbelalai dari Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS) tersebut merusak tanaman. Gabungan warga, petugas TNBBS, kepolisian dan TNI menggiatkan ronda. Langkah ini dilakukan agar gajah tidak mendekati pemukiman.

“Warga dan petugas terus berjaga-jaga, agar kawanan gajah tidak mendekati pemukiman. Kalau untuk dampaknya (kehadiran gajah, Red), sudah ada. Tanaman pisang banyak dirusak,” kata Camat BNS Suryanto, Kamis (26/9).

Menurut dia, kehadiran gajah membuat warga resah. Diharapkan hewan-hewan tersebut segera kembali ke habitatnya di TNBBS. ”Warga sudah resah. Kehadiran gajah membuat warga tidak bisa melakukan aktifitas seperti bertani,” tegasnya.

Sementara Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengungkapkan, pihaknya bersama mitra Wildlife Conservation Society (WCS), kepolisian, TNI dan masyarakat terus berupaya menghalau kawanan gajah. Lokasi gajah yang berada di dalam belukar cukup lebat membuat proses penghalauan harus hati-hati.

“Kami terus berusaha menghalau dan memantau akrivitas kawanan gajah. Harapannya, hewan-hewan ini tidak mendekati pemukiman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” sebut dia.

Sebelumnya, sekitar 12 ekor hewan berbelalai mendekati perkebunan dan permukiman warga di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh. Mereka terlihat berada di perbatasan dengan Kabupaten Tanggamus sejak Kamis (19/9).

Gajah liar juga memasuki Pekon Roworejo, Maret silam. Kedatangan kawanan hewan ini menyebabkan 40 kepala keluarga (KK) di wilaah itu merugi. Pasalnya gajah merusak tanaman pisang yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat.

Satu bulan sebelumnya, belasan ekor gajah jugamuncul di lokasi sama. Bahkan kawanan hewan bebelalai ini merusak ini tempat pemakaman umum (TPU) dan menghancurkan keranda.

Dari sini, gajah bergeser ke ke Kecamatan Bengkunat, Pesisir Barat. Sekitar 20 ekor gajah berada di sekitar Pekon Wayharu, Siringgading, Waytiyas, dan Pekon Bandardalam. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi