oleh

Catat, Pasar Talangpadang Bakal jadi Semi Modern

radarlampung.co.id-Pemkab Tanggamus akan melakukan penataan pasar tradisional Talangpadang. Rencananya pasar kebanggaan masyarakat Talangpadang tersebut bakal dibuat menjadi pasar semi modern.

Asisten Bidang Ekobang Setdakab Tanggamus, FB. Karjiyono mengatakan, wacana penataan pasar Talangpadang berdasarkan aspirasi dari pedagang yang disampaikan kepada Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii saat inspeksi mendadak (Sidak) Mei lalu.

Dari aspirasi tersebut, selanjutnya dibawa keforum rapat antar OPD dan disepakatilah wacana penataan pasar Talangpadang.

“Konsepnya pasar semi modern, minimal dua lantai.  Lantai pertama untuk parkir kendaraan dan  barang dagangan yang tidak memungkinkan dibawa keatas seperti toko material. Kalau lantai atas bagi pedagang pakaian, sepatu, dan alat sekolah, “ujar Karjiyono, Minggu (29/9).

Dilanjutkan Karjiyono  sebelum pasar Tradisional Talangpadang ditata, terlebih dulu dilakukan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design ( DED).” Anggaran untuk DED dan FS akan diakomodir kedalam APBD Tanggamus tahun 2020 sebesar Rp1, 7 miliar. Kalau bangunan fisiknya di 2021,”ujarnya.

Kemudian saat disinggung mengenai besaran anggaran pembangunan fisik, Karjiyono belum dapat membeberkannya. “Ya, kalau sekarang belum tahu berapa biayanya, nanti kan merujuk dari DED untuk anggaran pembangunannya,” ucap Karjiyono yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus.

Masih kata Karjiyono, bahwa jika nanti pembangunan fisik dimulai maka para pedagang akan direlokasi ke tempat penampungan sementara (TPS). Ini dilakukan karena nantinya pasar akan dibongkar total. “Konsekuensinya memang harus pindah sementara ke TPS, kan mau dibongkar total. Saya rasa pedagang setuju karena ini memang aspirasi pedagang sehingga pasar lebih baik lagi. Dan nantinya akan ada sosialisasi lagi kepedagang,” ucapnya.

Lalu, saat disinggung mengenai penataan pasar tradisional lain yang merupakan aset pemkab seperti Pasar Wonosobo dan Kotaagung. Karjiono mengaku bahwa saat ini yang serius dibahas adalah penataan Pasar Talangpadang. “Kalau pasar lain saya tidak tahu, sebab yang dibahas dalam rapat oleh lintas OPD seperti Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Bappelitbang hanya Pasar Talangpadang,” pungkas Karjiyono. (ral/rnn/ehl/wdi)



Komentar

Rekomendasi