oleh

Ini Tiga Tujuan Utama Sensus Penduduk 2020

radarlampung.co.id – Ada tiga tujuan utama sensus penduduk (SP) yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang. Yakni merekam langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de facto dan de jure (2020) agar tidak ada perbedaan data antara BPS dan Ditjen Dukcapil serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (2021).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Pesawaran Silahudin mengatakan, pelaksanaan sensus penduduk 2020 diharapkan akan memberikan informasi yang bermanfaat. Kemudian dapat membantu mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia, khususnya di Bumi Andan Jejama.

”Untuk itu, saya minta saudara semua mau dan mampu membantu BPS untuk menjadi campaign agent SP 2020.  Apalagi dengan adanya perubahan metode dari tradisional ke kombinasi. Upaya kita untuk mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat harus lebih optimal. Dukungan dan partisipasi kita semua sangat penting untuk kesuksesan SP 2020 dan tersedianya Satu Data Kependudukan Indonesia,” kata Silahudin membacakan sambutan tertulis Bupati Dendi Ramadhona pada sosialisasi SP di Urban Style Hotel Pringsewu, Senin (30/9).

Menurut dia, pelaksanaan sensus penduduk 2020 akan menggunakan metode kombinasi. Yaitu data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil, sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Upaya ini menjadi langkah penting untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

Sedangkan, pengumpulan data SP 2020 akan menggunakan tiga moda, yaitu CAWI (computer assisted web interviewing), CAPI (computer assisted personal interviewing) dan dan PAPI (pencil and paper interviewing). SP 2020 dilaksanakan dalam dua tahap, pencacahan lengkap pada 2020 dan pencacahan sampel tahun 2021.

Sementara Kepala BPS Pesawaran Wintarti Dyah Indriani menambahkan, tujuan sosialisasi SP 2020 adalah untuk menyebarluaskan informasi sensus penduduk secara online. Kegiatan ini dilaksanakan pada Februari-Maret  2019 secara mandiri melalui website https://sensus.bps.go.id dan pendataan door to door pada Juli 2019. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi