oleh

Penanganan Karhutla, Ini Instruksi Bupati Zaiful

radarlampung.co.id – Kebakaran lahan gambut di Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung, Lampung Timur mendapat perhatian serius Bupati Zaiful Bokhari. Ia meninjau lokasi yang hangus pada Senin (23/9) tersebut.

Zaiful menyatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menjadi perhatian serius pemerintah. Sebab peristiwa ini menyebabkan kabut asap yang membahayakan kesehatan. Karena itu, ia menginstruksikan jajarannya segera mengambil langkah antisipasi.

Kepada masyarakat, Zaiful mengimbau agar tidak membuka lahan dengan cara pembakaran. ”Kami turut prihatin atas kejadian ini. Sebab lahan yang terbakar berbatasan dengan wilayah Pasirsakti. Jadi jangan sampai merambah ke wilayah Pasirsakti,” kata Zaiful.

Zaiful yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim Mansyur Syah dan kepala organisasi perangkat daerah menyatakan akan membangun sumur bor sesuai permintaan masyarakat Desa Adiluhur. “Kami akan mengupayakan anggaran sumur bor di desa ini melalui APBD 2020,” tegasnya.

Sementara Kepala BPBD Lampung Timur Mansyur Syah mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim kebakaran guna memadamkan api. ”Dua unit mobil damkar diturunkan untuk memadamkan api. Sebab lokasi tersebut merupakan titik api. Lahan harus disiram setiap hari, karena api berasal dari bawah,” kata Mansyur Syah.

Diketahui, sekitar lima hektare lahan gambut di Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung terbakar, Senin (23/9). Sebagian besar ditanami sawit oleh warga. Upaya pemadaman dilakukan BPBD dibantu personel TNI dan Polri serta masyarakat. (wid/ais)



Komentar

Rekomendasi