oleh

Wujudkan Kota Cerdas Dimulai dengan Tubaba Go

radarlampung.co.id – Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) saat ini berupaya menjadikan bumi Ragem Sai Mangi Wawai sebagai Kota Cerdas (Smart City) Berbasis Digital.

Langkah awal yang dilakukan adalah dengan meluncurkan Program Tubaba Go yang diprakarsai Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten setempat.

Kepala Diskominfo Tubaba Eri Budi Santoso melalui Sekretaris Sayuti menjelaskan, Smart City merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi.

“Sesuai harapan Bapak Presiden RI Joko Widodo, pelayanan pemerintah kepada masyarakat perlu yang namanya Dilan (digital melayani). Untuk itu, harus dilakukan reformasi tentang pelayanan publik melalui elektronik dan Tubaba Go adalah program yang kita gagas guna menjawab itu semua,” paparnya.

Melalui program Tubaba Go, lanjutnya, Pemkab Tubaba melalui Diskominfo akan menggelar sebuah workshop, yang didalamnya akan membahas secara detail tentang program tersebut kepada seluruh OPD di lingkungan pemkab setempat.

Meliputi, Website Tubaba Terintegrasi OPD, Pelatihan Keterampilan Digital, Penyusunan Kebijakan Pemerintahan Digital, serta Perluasan Akses Internet bagi masyarakat.

“Workshop tersebut akan kita gelar tanggal 7 Oktober mendatang di Ruang Rapat Wakil Bupati, dan peserta terdiri dari seluruh OPD, para asisten bupati, staf ahli, camat, dan para kabag. Sementara materi workshop nantinya akan disampaikan oleh Daniel Oscar Baskoro yang merupakan Pemuda Hebat Republik Indonesia 2018 dan Peneliti di Columbia University, New York,” tandasnya.(fei/rnn/kyd)

Komentar

Rekomendasi