oleh

Pemkot Dorong Jajanan Pasar Masuk Hotel

radarlampung.co.id- Melalui Business Development Center (BDC), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mendorong kelompok swadaya masyarakat/usaha mikro kecil dan menengah (KSM/UMKM) mengembangkan jajanan pasar. Sehingga nantinya jajanan pasar itu masuk dalam menu sajian hotel di Kota Tapis Berseri.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kota Bandarlampung, Pola Parade mengatakan, melalui pembinaan pelaku KSM/UMKM jajanan pasar dan khas Lampung akan menjadi produk unggulan.

BDC dan pemerintah setempat selama tiga tahun ini telah melakukan pembinaan sebanyak 120 KSM/UMKM.

“Kita coba memasilitasi produk UMKM ini supaya bisa masuk ke perhotelan. Memang Bandarlampung ini enggak punya destinasi wisata. Tapi kita punya pendukung wisata, yakni hotel dan kulinernya,” katanya di Gedung Sai Batin, Pemkot setempat, Rabu (2/10).

Dia bilang, hingga saat ini ada dua hotel yang telah bermitra bersama UMKM binaan BDC. Yakni Emersia dan Bukit Randu. Sehingga, dirinya berharap kedepannya dapat mengajak hotel lainnya yang dapat menghimpun produk unggul dari KSM/UMKM.

Dirinya menyebutkan, terkait peminjaman modal, pihaknya telah melakukan pertemuan antar berbagai stakeholder guna membantu UMKM dalam mengatasi kekurangan modal. “Kemarin kita coba ke BAZNAS terkait peminjaman untuk usaha kecil yang berkembang,” imbuhnya.

Disisi lain, Ketua Komite BDC Bandarlampung, Zainuddin mengungkapkan, pihaknya kedepan akan memberikan kemudahan bagi KSM/UMKM binaan mereka yang kini telah berjumlah 120-an.

Dengan adanya pertemuan antara mitra hotel dan KSM/UMKM agar dapat memberikan ruang komunikasi yang baik, untuk kedepannya apa keinginan dan permintaan yang harus dipenuhi terkait lokal konten produk yang akan digunakan.

Dirinya menjelaskan bahwa BDC merupakan lembaga yang dibentuk diluar struktur pemerintahan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan melakukan pembinaan pemasaran, kualitas dan sertifikasi produk bagi KSM/UMKM binaan BDC.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, peran BDC kedepannya agar jajanan pasar bisa diterima perhotelan akan memberikan bantuan untuk KSM/UMKM berupa pembayaran lebih dulu. “BDC akan terlebih dahulu membayar jajanan pasar mereka dan kemudian dapat dipasarkan ke mitra hotel BDC,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengajak kepada pelaku UMKM yang ingin bergabung dan dibina agar mencapai produk yang bersertifikasi halal, sehingga pertumbuhan UMKM semakin berkembang dan dapat berperan menambah pendapatan daerah. (apr/wdi)

Komentar

Rekomendasi