oleh

Ruang Kelas Rusak Berat, Murid SDN 1 Tanjungbaru Belajar di Gudang

Radarlampung.co.id – Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 di Desa Tanjungbaru, Kecamatan Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) terpaksa menggunakan gudang Sekolah untuk Ruang Kelas Belajar (RKB) bagi siswanya.

Diketahui, SD tersebut sudah hampir 10 tahun terakhir belum pernah mendapatkan bantuan renovasi atau pembangunan ruang kelas baru dari Pemerintah.

“Sudah berulang kali, kami mengajukan proposal renovasi ke pihak Dinas, namun belum juga ada respon. Bahkan pihak Dinas sudah pernah turun melihat kondisi RKB di sekolah ini,” kata Kepsek SDN 1 Tanjungbaru Rostitawati kepada wartawan, Kamis (3/10).

Selain itu, sambung Rostitawati, pihaknya mendapat informasi dari Dinas bahwa pada tahun ini SDN 1 mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Namun bentuk bantuan tersebut bukan RKB seperti yang diharapkan, tetapi sumur bor dan MCK.

“Ya, kalau menurut Dinas bantuan tersebut sumur bor beserta MCK, tapi kami sudah mendapat bantuan dari pihak desa melalui program sanitasi Pamsimas dua unit MCK, bahkan sudah selesai bangunannya,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya sangat membutuhkan RKB untuk dapat mencukupi ruang bagi 162 murid yang ada saat ini. “Ya untuk sementara, agar dapat mencukupi RKB terpaksa kami menggunakan gudang sebagai ruang belajar mengajar murid,” bebernya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sangat membutukan bantuan rehab bangunan. Seperti, atap bocor, kemudian pagar yang telah ambruk, hingga ruang kelas yang sudah tidak layak digunakan.

Untuk itu, pihaknya berharap adanya perhatian khusus dari Pemerintah agar mengucurkan bantuan demi mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik.

“Untungnya saat ini musim kemarau, kalau sudah mulai musim penghujan terpaksa kami belajar di ruang yang atapnya bocor. Kami khawatirkan bila ada angin kencang, karena kondisi atap yang sudah banyak yang rapuh,” pungkasnya (ozy/kyd)



Komentar

Rekomendasi