oleh

Siswa SMK Darul A’mal Belajar Jurnalistik di Radar Lampung

radarlampung.co.id- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul A’mal Kota Metro melaksanakan kunjungan industri ke Graha Pena Radar Lampung. Kunjungan siswa SMK tersebut juga untuk belajar tentang jurnalistik secara langsung. Siswa yang mengikuti berjumlah 69 orang yang merupakan siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Waka Kesiswaan SMK Darul A’mal Kota Metro Luthfi menerangkan, tujuan dari kunjungan industri tersebut untuk memperkenalkan secara lebih dekat industri media cetak kepada para siswa.

“Kami ingin mengenalkan kepada siswa kami secara lebih dekat bagaimana untuk mencetak dan prosesnya seperti apa untuk menghasilkan sebuah berita dalam media cetak. Ini kali kedua kunjungan kami ke sini,” kata Luthfi, Kamis (3/10).

Dikatakannya, dari kunjungan tersebut, para siswa akan ditugaskan untuk membuat laporan terkait hasil kunjungan ke dapur redaksi Radar Lampung tersebut sesuai dengan hasil pemikiran para siswa.

“Laporan nanti akan dikumpulkan sesuai dengan jurusan mereka. Misalkan mereka akan buat dalam bentuk tulisan ataupun animasi, sesuai dengan ide kreativitas mereka,” jelasnya.

Pemimpin Redaksi Radar Lampung Cetak Eko Nugroho menjelaskan proses tahapan pencarian berita hingga sampai ke dapur redaksi dan dicetak menjadi sebuah koran.

“Jadi pada pagi hari, wartawan akan melakukan proyeksi, dimana dalam proyeksi tersebut akan dijelaskan wartawan akan kemana di setiap posnya. Siang hari wartawan akan berada di lapangan memburu berita apa yang akan dicari. Setelah berita ditulis, akan diedit oleh penanggungjawab halamannya, setelah itu dicek oleh copy editor. Proses itu selesai, masuk ke bagian pracetak,” terangnya.

Eko juga menerangkan, bahwa Radar Lampung tidak hanya berkecimpung di media cetak saja, tetapi juga sudah merambah ke media online yakni Radarlampung online, Radar Lampung radio, serta Radar Tv. (rur/wdi)



Baca :   SMPN 30 Pesawaran Belajar Jurnalistik di Radar Lampung

Komentar

Rekomendasi