oleh

Disdikbud Lampung Godok Kebutuhan SMK Gratis

radarlampung.co.id- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung tengah menggodok kebutuhan dari segala sisi untuk persiapan SMK gratis. Hal tersebut menyusul adanya usulan dua SMK di Lampung dari Disdikbud Lampung untuk program SMK gratis.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan analisis yang lebih cermat terkait dengan pendanaan dan program pembelajaran.

“Penganlisisnya harus cermat karena berkaitan dengan pendanaan dan program pembelajaran, dari kurikulum, program atau jurusan yang akan diterapkan melalui analisis yang mengacu pada kebutuhan pasar. Sebab kita tidak akan membuka jurusan-jurusan yang tidak dibutuhkan,” jelas Sulpakar, Jumat (4/10).

Menurutnya, jika Lampung mampu secara pendanaan untuk pengadaan sekolah vokasi gratis tersebut, tentunya akan berdampak baik bagi peserta didik dalam dunia kerja. Sebab, di dalam sekolah tersebut, meskipun gratis, lulusan dari sekolah tersebut dipastikan memiliki kualitas yang mumpuni dan siap berkecimpung di dunia industri maupun dunia usaha.

“Harapan kita kalau kita mampu menerapkan dengan dana yang ada di APBD kita, maka anak-anak yang diluluskan siap ditampung di dunia usaha dan dunia industri. Dan bahkan sebaliknya dia mampu untuk membuka lapangan pekerjaan. Ini yang harus kita pelajari bersama, dan ini sedang berjalan prosesnya. Tentunya tidak mudah bagi kita untuk menetapkan ini, kita akan memyesuaikan dana, asas manfaat, dan masa depan anak-anak yang diluluskan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung akan mengusulkan dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk pengembangan yang memungkinkan menjadi sekolah gratis. Dua sekolah tersebut SMK Negeri Unggul Terpadu yang berada di Slusuban Lampung Tengah, dan SMK Pertanian di Hajimena. (rur/wdi)



Komentar

Rekomendasi