oleh

Orasi Ilmiah, Umar Ahmad Ajak Pulang ke Masa Depan

radarlampung.co.id – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad menyampaikan orasi ilmiah Menuju Tubaba, Pulang ke Masa Depan, dalam dalam wisuda program sarjana Institut Teknologi Sumatera (Itera), Sabtu (5/10).

Dalam kesempatan tersebut, Umar mengatakan, Tubaba adalah sebuah masa depan. Bagi masyarakat, saat ini Tubaba sudah bukan lagi sekadar singkatan dari Tulangbawang Barat. Namun menjadi masa depan bagi kita semua. Sebuah lahan subur bagi siapa pun untuk menyemaikan kembali kebajikan sosial dan merekatkan lagi relasi antarmanusia.

Di sana, setiap individu akan menemukan kembali kehangatan hubungan dengan orang-orang lain. Kemesraan hubungan dengan alam, dan menemukan kembali diri sejati.

”Di dunia masa depan yang kami namai Tubaba itu, aspek-aspek material dan immaterial pembangun peradaban berada pada titik kesetimbangan. Alam dan akal budi manusia saling melengkapi serta menguatkan satu sama lain. Itulah titik keseimbangan. Di mana, pengetahuan dan kehendak manusia benar-benar dicurahkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” tegasnya.

Umar mengungkapkan, Tubaba merupakan sebuah kehidupan bersama yang dibangun dengan standar tinggi. Sebuah peradaban yang hanya bisa diwujudkan dengan sikap menghargai pengetahuan, cita rasa artistik, visi yang jauh ke depan, dan rasa hormat terhadap pihak lain dan semua elemen pembentuk kehidupan.


Komentar

Rekomendasi