oleh

Siap-Siap, Dishub Tuba Akan Agendakan Uji Kelayakan Angkutan Umum

radarlampung.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulangbawang akan melakukan uji kelayakan angkutan umum yang beroperasi di wilayah Menggala. Uji kelayakan tersebut rencananya dilakukan pada bulan Oktober ini.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulangbawang Halik Syahril mengatakan, uji kelayakan angkutan umum tersebut meliputi pemeriksaan rutin kendaraan dan berkas administrasi.

Halik menerangkan, agenda uji kelayakan tersebut muncul berdasarkan kroscek dan pemantauan petugas Dishub dilapangan. Hasilnya, banyak ditemukan angkutan umum seperti angkot yang sudah tidak layak jalan.

“Ini sangat perlu dilakukan mengingat angkutan umum banyak dipakai dan digunakan oleh masyarakat setempat, dari anak anak sampai orang dewasa untuk beraktifitas seperti ke sekolah dan ke pasar,” katanya kepada radarlampung.co.id, Minggu (6/10).

Menurutnya, angkutan umum yang beroperasi di sekitar Kecamatan Menggala harus benar-benar dalam keadaan normal dan layak.

“Rata-rata, bahkan hampir semua anak sekolah di Menggala menggunakan angkot. Belum lagi ibu ibu yang mau ke pasar juga banyak yang masih menggunakan angkot,” terang mantan Kasat Pol-PP Tulangbawang itu.

Karena itu, Dinas Perhubungan akan melaksanakan razia angkutan umum pada bulan Oktober ini. Nantinya, angkutan umum yang terkena razia akan dilakukan pemeriksan, mulai dari kelayakan mesin kendaraan hingga kelengkapan berkas administrasi.

“Angkutan umum ini nantinya akan kita berikan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Mereka (angkutan umum) membawa banyak nyawa (manusia), maka harus dipastikan kelayakan kendaraannya,” tandasnya. (nal/wdi)

 



Baca :   Jelang Pilkakam 2019, Polres Tuba Gelar Deklarasi Damai

Komentar

Rekomendasi