oleh

GMBI Demo, Minta Pengawasan Dana Desa Lamtim Diperketat

radarlampung.co.id-Sejumlah elemen masyarakat desak Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memaksimalkan pengawasan dana desa (DD).

Hal itu disampaikan elemen masyarakat dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Lampung Timur (Lamtim) saat menggelar aksi damai di Kantor Bupati setempat, Senin (7/10).

“Selama ini pengawasan yanh dilakukan Pemkab Lamtim terkesan hanya formalitas dan tidak melibatkan inspektorat,”jelas Ketua GMBI Distrik Lamtim Burhanudin saat menyampaiakan orasinya.

Lebih lanjut Burhanudin berharap pengawasan terhadap pelaksanaan DD ditingkatkan dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi.

Kedatangan elemen masyarakat itu disambut Asisten II Junaidi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Wirham Riadi serta Sekretaris Inspektorat  Sebersyah. “Kami segera akan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat,”kata Junaidi.

Kesempatan yang sama Wirham Riadi menyatakan, saat ini, pelaksanaan DD masih dalam tahap monitoring.

Terpisah Inspektur Inspektorat Lamtim M.Noor Alsyarif menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Bupati Lampung Timur nomor 21 tahun 2016 tentang uraian tugas pokok dan fungsi lembaga teknis daerah salah satunya Inspektorat yaitu membantu Bupati membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Menurutnya, pada tahun 2019 Inspektorat Kabupaten Lampung Timur telah menerima dan menindaklanjuti semua pengaduan baik pengaduan dari LSM atau masyarakat dan limpahan pengaduan dari Kejaksaan Negeri Lampung Timur. Pengaduan itu kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan. “Sebagian laporan  pemeriksaan sudah selesai dan lainnya masih dalam proses,”terang M.Noor Alsyarif. (wid/wdi)



Komentar

Rekomendasi