oleh

Tepis Tudingan Terlibat Partai Politik

radarlampung.co.id – Calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat Edi Gunawan dan Ikhsan Sobari menepis tudingan pernah terlibat dalam partai politik. Kabar ini beredar pasca ditetapkannya sepuluh calon komisioner yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di KPU RI.

Ikhsan Sobari menegaskan, dirinya tidak pernah menjadi  kader, apalagi pengurus di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebagaimana isu yang beredar. ”Saya tidak pernah ada keterlibatan di PKB. Tidak pernah dilantik dan dihubungi. Apalagi mendapatkan kartu anggota,” kata Ikhsan.

Menurut dia, masalah sama terjadi pada 2017 lalu. Saat itu dirinya mencalonkan diri sebagai panitia pengawas kebupaten (panwaskab). ”Saat masuk enam besar, saya dilaporkan sebagai pengurus partai berdasarkan SK PKB. Setelah kita investigasi, ternyata di SK tersebut ada nama mirip saya,” tegasnya.

Ketua DPC PKB Pesisir Barat Erlina membenarkan bahwa Ikhsan Sobari yang mendaftar sebagai calon komisoner KPU bukanlah kader partai. ”Perlu saya tegaskan, Ikhsan Sobari yang mendaftar di KPU, saya juga tidak kenal,” sebut dia.

Sementara Edi Gunawan juga membantah dirinya menjadi pengurus Partai Gerindra. Ia mengaku sempat menjadi saksi partai. Namun hal itu pekerjaan sampingan saat momen pemilihan umum.

“Memang saya pernah menjadi saksi (parpol). Tapi saya sebagai tenaga profesional. Saya bekerja, mendapat mandat sebagai saksi dan ada timbal baliknya,” sebut dia.

Sekretaris Partai Gerindra Pesisir Barat Martin Sofyan menjelaskan, Edi Gunawan pernah dimintai tolong sebagai tenaga input data saat rekapitulasi di tingkat KPU. ”Karena Edi mampu dalam hal IT, kami meminta bantuannya sebagai saksi. Bukan kader partai,” tandasnya. (try/ais)



Komentar

Rekomendasi