oleh

Disdikbud Lambar Gelar Workshop Gamolan Pekhing

radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat menggelar workshop gamelan bambu (gamolan pekhing) yang diiikuti 30 peserta dari Kecamatan Batubrak, Belalau, Batuketulis, dan Sumberjaya. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Senin (7/10) itu dibuka Sekretaris Disdikbud Ahmad Syukri.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Lambar Riyadi Andriyanto mengatakan, dalam workshop tersebut para peserta diajarkan pembuatan hingga memainkan gamolan pekhing. Harapannya para peserta bisa ikut andil bagian dalam pelestarian gamelan bambu yang saat ini eksistensinya mulai meredup.

”Gamolan Pekhing menjadi salah satu identitas masyarakat Lampung. Karena itu pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk pelestariannya. Tentunya melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan tidak hanya bisa membuat dan memainkan berbagai tabuhan. Namun juga bisa mengajarkan dan menyebarluaskan ke masyarakat di sekitar,” kata Riyadi.

Riyadi menuturkan, dalam pembuatan gamolan bamboo, banyak hal yang diperlu diperhatikan. Seperti pemilihan bambu berkualitas dan proses pengeringan hingga pembuatan untuk menghasilkan nada yang baik. Sebab jika dibuat dengan bambu asalan, maka gamelan yang dihasilkan kurang baik. (nop/ais)



Komentar

Rekomendasi