oleh

Bangunan Flyover Diklaim Bertahan 50 Tahun

radarlampung.co.id – PT Bina Mulya Lampung (BML) selaku kontraktor pembangunan flyover Jl. Kapten Abdul Haq-Komarudin, Rajabasa, Bandarlampung, mengklaim kualitas bangunan bisa bertahan lebih dari 50 tahun.

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Pembangunan flyover PT BML Sutarno kepada Radarlampung.co.id, melalui sambungan telpon, Kamis (10/10).

“Sejauh ini belum ada kejadian vital dalam pembangun flyover yang kami alami. Bahkan bertahannya lebih dari 50 tahun,” ungkap Sutarno.

Dirinya memberikan gambaran, pembangunan sejenis di Lampung yang berdiri sejak 1989 atau kini telah bertahan 30 tahun yakni  di Banjarratu, Lampung Tengah (Lamteng) yang hingga kini masih bertahan.

“Itu sebagai gambarannya, setidaknya kita memiliki perhitungan yang sama atas pembangunan flyover yang dikerjakan oleh PT Utama Karya,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menyebutkan bahwa pembangunan sudah mulai berjalan normal dengan perkiraan nilai pekerjaan mencapai 35 persen.

“Saat ini kami tengah menyelesaikan pengecoran di P2 dan pelebaran jalan di yang menuju ke Rajabasa sebelah kanan dan balok atas,” imbuhnya.

Untuk pengerjaan flyover dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB dilakukan oleh sebanyak 35 tukang, sedangakn pengerjaan balok girder dilakukan di Pabrikasi Simpang Kates Tarahan yang dibagi dua shift selama 24 jam hampir 50 pekerja.

Sebelumnya pekerjaan pernah terhambat lantaran masih adanya tiang listrik, sehingga mengancam tidak rampungnya pekerjaan yang ditargetkan akhir tahun 2019.

Katena itu, pihkanya hanya berusaha menyelesaikan hingga batas yang telah disepakati. Ketika perjaan tersebut pada akhirnya tidak tercapai, Sutarno menyebutkan pihaknya siap menerima semua konsekuensinya.

“Ya kalau pekerjaan ini tidak selesai hingga akhir tahun ini, apapun konsekuensinya akan kami tanggung, mau tidak mau karena waktu kami beberapa bulan sempat terhambat lantaran adanya tiang-tinang listrik dan telekomunikasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, meskipun pembangunan flyover Jalan Kapten Abdul Haq-Jalan Komarudin ada kendala. Namun, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung tetap optimis selesai akhir 2019.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PU Bandarlampung Iwan Gunawan di halaman Pemkot Bandarlampung, Selasa (1/10). Menurutnya, upayanya dapat dilakukan dengan pekerjaan siang dan malam.

“Saya tetap optimis hingga 31 Desember 2019, flyover selesai. Saya sudah minta dengan kontraktornya anda bisa kerja siang-malam, menambah pekerjanya dan menambah jumlah shift perkerjaan,” katanya.

Pengerjaan proyek flyover Jalan Kapten Abdul Haq-Komarudin dikerjakan PT Bina Mulya Lampung. Berdasarkan website LPSE Bandarlampung nilai proyek tersebut sebesar Rp35 miliar. (apr/kyd)



Komentar

Rekomendasi