oleh

Dissos Bandarlampung Minta 242 Alat Bantu Disabilitas dan Lansia

radarlampung.co.id – Dinas Sosial (Dissos) Bandarlampung mengajukan permintaan 242 alat bantu bagi penyandang disabilitas dan lansia kepada Kemensos RI untuk bisa direalisasikan Tahun 2020.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dissos Bandarlampung Drs. Muzarin Daud mengatakan, adapun rinciannya yakni 102 alat bantu untuk penyandang disabilitas, 24 pengadaan alat bantu anak dan 116 alat bantu lansia.

Untuk alat bantu bagi penyandang disabilitas sebanyak 102 yang diajukan berupa kursi roda, kacamata low vision, alat dengar, kruk dan tripot. Kemudian, 24 pengadaan alat bantu anak terdiri dari kursi roda, kacamata low vision, alat bantu dengar.

Sedangkan, 116 pengadaan alat bantu lansia yaitu alat bantu tongkat kaki 3, kursi roda, alat bantu walker, dan alat bantu dengar. “Kita sudah ajukan itu dua bulan lalu ke Kemensos RI yang realisasinya nanti di awal tahun 2020,” ujarnya kepada awak media, Jumat (11/10).

Dia bilang, bahwa pengajuan alat bantu tersebut merupakan kali pertama untuk pengusulan melalui kabupaten/kota. Pengajuan tersebut atas tindaklanjut hasil rapat kegiatan bersama Kemensos RI. “Mudah-mudahan dapat terealisasi semua bahkan siapa tahu bertambah kuotanya,” tandasnya.

Total 242 tersebut, ungkapnya, berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) kementerian yang mencatat jumlah penyandang disabilitas dan lansia. “Kita pilah agar yang menerimanya orang yang memang tidak mampu dan harus masuk di BDT Kementerian,” pungkasnya. (apr/kyd)



Komentar

Rekomendasi