oleh

Pemkab Cover Premi Asuransi Nelayan Pesawaran

radarlampung.co.id – Masa berlaku asuransi ribuan nelayan di pesisir Pesawaran dalam waktu dekat segera berakhir. Untuk itu Dinas Perikanan setempat berupaya mengcover premi asuransi nelayan dalam APBD 2020 mendatang.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Eky Yuli Widianto R., mengatakan, ada sekitar 1.000 nelayan yang masa berlaku asuransinya berakhir tahun ini. “Insya Allah, pada 2020  (akan dicover), walaupun belum bisa semua. Paling tidak sekitar 50 persen,” kata Eky mewakili Kepala Dinas Perikanan Pesawaran Heriansyah, Selasa (15/10).

Menurut dia, jika sebelumnya untuk premi dibiayai oleh pemerintah pusat, namun jika masa berlakunya habis akhir tahun ini, maka perpanjangan asuransi ditanggung secara mandiri. Karena itu, pada 2020 mendatang, Pemkab Pesawaran akan menganggarkan untuk asuransi bagi nelayan.

Baca :   Puncak Insurance Day AAUI Lampung Berlangsung Meriah

“Kalau tempo hari kan, mereka dibiayai oleh pusat untuk preminya. Kalau sudah habis  tahun ini, harus bayar sendiri. Untuk 2020 nanti kita akan bantu pembayaran premi nelayan Pesawaran, meskipun tidak 100 persen,” urainya.

Dilanjutkan, dari sekitar 2.450 nelayan di Pesawaran, sekitar 1.000 nelayan masa berlaku asuransinya habis pada 2019. Kemudian 1.000 nelayan masa berlakunya habis pada 2020. Sisanya belum dicover asuransi.

Baca :   Puncak Insurance Day AAUI Lampung Berlangsung Meriah

Besaran premi yang harus dibayar setiap nelayan sebesar Rp100 ribu per tahun. Klaim asuransi, maksimal mencapai Rp200 juta untuk nelayan yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja di laut. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi