oleh

Tim Penilai LSS-UKS/M Provinsi Datangi SMAN 1 Talangpadang

radarlampung.co.id – Tim penilai Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Provinsi Lampung mendatangi SMAN 1 Talangpadang, Selasa (15/10). Dalam kegiatan tersebut, dibarengi cuci tangan pakai sabun oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Ketua TP PKK Sri Nilawati, Wakil Bupati A.M. Syafi’i, Forkopimda dan jajaran OPD.

Kepala Biro Kesra Setprov Lampung Ratna Dewi mengungkapkan, LSS-UKS/M 2019 mengambil tema Dengan LSS-UKS/M, Kita Ciptakan Suasana Sekolah Sehat, Nyaman dan Berkarakter. Kegiatan ini sebagai upaya penting dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi sejauh mana apa upaya yang telah dilakukan sekolah, khususnya dalam program usaha kesehatan sekolah/madrasah, sehingga dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan dampak positif bagi anak didik dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya manusia seutuhnya.

“Anak didik sebagai bagian dari kelompok masyarakat sekolah merupakan aset bangsa yang sangat berharga dan memiliki makna strategis bagi kemajuan dan kemakmuran bangsa yaitu anak sehat dan berkualitas,” kata Ratna Dewi yang memimpin rombongan tim penilai.

Dilanjutkan ada beberapa sasaran usaha kesehatan sekolah/madrasah yang menjadi target program ke depan. Antara lain peningkatan UKS, mulai dari standar menjadi optimal dan paripurna.

“Ada beberapa indikator yang dinilai. Seperti ruang UKS, perpustakaan harus ada wastafel, dan letak kantin yang harus jauh dari tempat pembuangan sampah. Apa yang dinilai hari ini akan kami rapatkan dulu. Baru nanti ditentukan. Jadi doakan saja yang terbaik,” sebut dia.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, untuk tahun ini ada empat sekolah yang mewakili kabupaten itu dalam LSS-UKS/M. Jenjang TK diwakili TK Islam Terpadu Kotaagung, SDN 3 Datarajan, SMPN 1 Pulaupanggung dan SMAN 1 Talangpadang.

“Pembinaan selama ini sudah optimal dengan melibatkan PKK dan OPD. Harapan kami agar Tanggamus bisa menjadi yang terbaik sehingga mewakili provinsi pada ajang nasional,” harap bupati. (ral/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi