oleh

Tim Puslitbang Mabes Polri Periksa Kendaraan Operasional Polres Tanggamus

radarlampung.co.id – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri mengunjungi Polres Tanggamus. Dalam kegiatan tersebut, pimpinan tim Kombes Syamsudin Djaineb memberikan arahan dan melaksanakan focus group discussion (FGD) di aula Wirasatya. Dilanjutkan dengan pemeriksaan seluruh sarana dan prasarana kendaraan operasional polres.

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto mengungkapkan, tim datang dalam rangka meninjau sarana dan prasarana polres. Sebab sarana dan prasarana sangat vital, apalagi untuk operasional.

“Puslitbang meneliti kendaraan laik pakai dan masa pakai. Supaya bisa kita anev dan memberikan output kepada anggota dalam rangka mendukung operasional,” kata Hesmu Baroto.

Pemeriksaan meliputi tahun pembuatan kendaraan, laik jalan, hingga alat komunikasi pada kendaraan. ”Tentunya hasil pemeriksaan dapat menjadi pertimbangan pimpinan dalam pengambilan kebijakan,” pungkasnya.

Sementara Kombes Syamsudin Djanieb mengungkapkan, tim terdiri dari empat orang. Mereka hadir untuk melakukan pengecekan kendaraan roda empat di Satuan Sabhara dan Satuan Lalu Lintas.

“Kami datang untuk mengecek kelayakannya dalam rangka mendukung Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif,” ujar Syamsudin.

Dijelaskan, pemeriksaan juga dilakukan terkait pelaksanaan pilkada dan pemilihan kepala desa serentak, termasuk di wilayah hukum Polres Tangamus. ”Untuk sarana dan prasarana, menyesuaikan dengan wilayah. Seperti Tanggamus, kendaraan harus diperbanyak double cabin, bukan sedan. Tentunya yang gampang perawatan dengan onderdil mudah dicari,” urainya.

Hasil pemeriksaan, secara umum cukup baik. ”Secara umum cukup bagus. Namun masih ada yang harus diadakan perbaikan, yakni perawatan perlu ditingkatkan,” tegas Syamsudin. (ral/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi