oleh

Ikut Pameran Crafina 2019, Lamteng Kenalkan Sulam Jalin Kepang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lampung Tengah (Lamteng) melalui Dinas Perindustrian setempat mengikuti pameran Crafina 2019 bertema From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle di Jakarta Convention Center, Plenary Hall, Jakarta, 16-21 Oktober 2019. Lamteng mengenalkan kerajinan Sulam Jalin Kepang.

Kepala Dinas Perindustrian Lamteng Nuliana menyatakan keikutsertaan dalam Crafina 2019 agar sulam Jalin Kepang yang menjadi salah satu ciri khas kerajinan di Bumi Jurai Siwo bisa dikenal oleh nusantara.

“Hasil kerajinan dari pengrajin Sulam Jalin Kepang yang merupakan salah satu curi khas Lamteng dikenalkan. Kita berharap Sulam Jalin Kepang bisa dikenal oleh nusantara seperti kain tapis dan lain-lain,” katanya via WhatsApp.

Pameran Crafina 2019, kata Nuliana, diikuti 357 industri kecil dan menengah (IKM). “Juga diikuti tiga negara tetangga, yakni IKM dari Pakistan, Malaysia, dan Filipina,” ujarnya.

Upaya menggiatkan pelatihan Sulam Jalin Kepang, kata Nuliana, sudah dilaksanakan di tiga kecamatan. “Sudah tiga kecamatan diadakan pelatihan. Yakni Waypengubuan dipusatkan di Kampung Purnamatunggal; Terbanggibesar di Kelurahan Bandarjaya Barat; dan Punggur di Kampung Sidomulyo. Peserta latihan ibu-ibu,” ungkapnya.

Melalui pelatihan sulam khas Lamteng ini, kata Nuliana, ke depannya peserta diharapkan dapat mandiri dan menciptakan kreasi baru sulam Jalin Kepang yang telah dimodifikasi. “Mudah-mudahan nanti bisa mandiri dan menjadi wirausaha mandiri. Bisa menambah penghasilan bagi keluarga dan memperbaiki ekonomi warga kampung. Hasil sulam Jalin Kepang yang dihasilkan ditampung dan dibantu untuk dipasarkan melalui Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Lamteng,” katanya. (sya/sur)



Komentar

Rekomendasi