oleh

Terapkan E-PKH, Penyaluran Harus Tepat Sasaran!

radarlampung.co.id – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari berharap penyaluran bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) tepat sasaran. Hal itu disampaikan saat membuka bimbingan teknis aplikasi E-PKH di Gedung Pusiban Sukadana, Jumat (18/10).

“Aplikasi E-PKH ini sangat bagus untuk meningkatkan akurasi data dan memastikan penyaluran bantuan sosial berjalan efektif dan tepat sasaran,” kata Zaiful pada acara yang diikuti para pendamping PKH tersebut.

Menurut dia, E-PKH merupakan terobosan berbasis digital yang dilakukan Kementerian Sosial dalam rangka menyongsong era industri 4.0 dan era big data. Program tersebut memudahkan proses validasi calon penerima PKH.

Sebab dapat menghitung bansos secara otomatis, dan memasukkan hasil verifikasi komitmen Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara cepat. Selain itu, E-PKH dapat memutakhiran data secara langsung dan monitoring pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) secara berkelanjutan.

Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial Lamtim Tarmizi mengatakan, bimbingan teknis aplikasi E-PKH bertujuan meningkatkan integritas dan menguatkan komitmen para koordinator PKH dan administrator pangkalan data dalam pengendalian implementasi PKH di lapangan dan manajemen data PKH.

“Bimbingan pemantapan ini juga akan membekali para koordinator PKH dan administrator pangkalan data untuk meningkatkan soliditas tim di lapangan dan implementasi penggunaan aplikasi E-PKH,” katanya. (wid/ais)



Komentar

Rekomendasi