oleh

Catat, Ini Pesan Penting BKN untuk Calon Peserta CPNS

RADARLAMPUNG.CO.ID –Menjelang dibukanya pengumuman pendaftaran calon pegawai negeri sipil CPNS akhir Oktober ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berpesan kepada calon peserta untuk memastikan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga telah sesuai.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan melalui pers rilisnya Kamis (17/10). Menurutnya, saat ini BKN telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

“Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian atau Lembaga maupun Pemerintah Daerah yang sudah dilakukan Kamis (17/10),” Ridwan.

Sementara, pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020.

Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020.

Sebelum dibuka, BKN pun menyisipkan pesan bagi para pelamar untuk mempersiapkan data diri dengan benar dan sesuai.

“Untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran,” tambahnya.

Selanjutnya, alur pendaftaran bagi peserta bisa dimulai dengan membuka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id, dengan dilanjutkan membuat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

Kemudian login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, lengkapi biodata, pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan, lengkapi data, kemudian unggah dokumen. Kemudian cek resume, cetak kartu pendaftaran.

“Pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan juga portal SSCASN. Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada November,” tambahnya.

Sementara Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Yurnalis yang turut hadir bersama BKD 15 kabupaten/kota lainnya mengungkapkan dalam rakornas yang digelar di Jakarta Kamis (17/10) membahas tentang pengembangan ASN dan rekrutmen CPNS 2019.

“Selain itu Juga dibahas implementasi pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019/2020 mendatang. Di mana pendaftaran dilakukan secara online sampai dengan seleksi dengan system CAT (Computer asissted test),” beber Yurnalis Jumat (18/10).

Untuk formasi CPNS Pemprov Lampung maupun Pemda 15 kabupaten/kota secara resmi sudah di serahkan ke masing pemerintah daerah pada rakornas. Sayangnya, data tersebut masih belum bisa diekspos.

“Iya belum bisa di informasikan karena berkas tersebut yang dalam keadaan tersegel dan akan di sampaikan terlebih dahulu ke pejabat pembina kepegawaian Pemda masing masing,” tambahnya.

Sementara untuk diketahui, rekrekrutmen CPNS tahun 2019 BKN berencana akan membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian untuk Instansi Pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda).

Kemudian ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus baik cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat. (rma/sur) 



Komentar

Rekomendasi