oleh

Program Jemput Bola Rawat Warga Sasar Penderita Kanker

radarlampung.co.id – Kesehatan menjadi salah satu fokus pembangunan masyarakat di bawah kepemimpinan Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto. Karena itu, dirinya membuat program layanan Jemput Bola Rawat Warga melalui Dinas Kesehatan Lamteng.

Sabtu (19/10), Loekman mengunjungi Dewi Oktasari (40), salah satu warga Kampung Sendangmukti, Kecamatan Sendangagung, yang terkena kanker payudara stadium 3 dan tak mampu berobat.

Loekman meminta petugas medis agar Dewi dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUD DSR).

“Saya datang ke kediaman warga yang sakit ini untuk memastikan apakah petugas puskesmas sudah turun ke bawah secara rutin atau belum. Ini perlu dilakukan karena banyak laporan ada warga yang sakit dan tak mampu tak dapat perhatian pemerintah terkait pelayanan kesehatan. Sekaligus ingin melihat respons warga terkait program Jemput Bola Warga Sakit,” kata Loekman.

Ada warga yang sakit ini, sambung Loekman, dirinya mendapat laporan dari aparatur kampung. “Mendapat laporan, saya langsung koordinasikan dengan pihak puskesmas beserta aparatur kecamatan. Ternyata sudah ditangani sebelumnya,” tandasnya.

Untuk itu, Loekman meminta aparatur kampung dan kecamatan aktif melaporkan jika ada warga yang sakit tidak mampu berobat.

“Masyarakat, aparatur kampung, dan pihak kecamatan harus proaktif segera melapor jika ada warga yang perlu penangan medis. Informasi kita terbatas. Jangan sungkan.

Harus bahu-membahu membantu warga yang membutuhkan,” pungkasnya.

Diketahui Dewi Oktisari, istri dari Tukimin (41) memiliki dua anak yang duduk di bangku SD dan SMP. Dewi menderita kanker payudara stadium 3 sejak 1,5 tahun lalu. Pernah operasi di rumah sakit Pringsewu Maret 2019. Pascaoperasi kondisinya memprihatinkan dan tak ada perubahan. (rls/sya/kyd)



Komentar

Rekomendasi