oleh

Antisipasi Banjir, Dinas PU Klaim Benahi Drainase dan Normalisasi Sungai

radarlampung.co.id – Mengantisipasi terjadi banjir pada musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung mengklaim telah bekerja ekstra keras benahi drainase dan normalisasi sungai.

Kepala Dinas PU Bandarlampung Iwan Gunawan mengatakan, kegiatan normalisasi sungai dan pembenahan drainase di Bandarlampung merupakan perawatan rutin.

“Menjelang musim hujan perawatan dilakukan lebih ekstra. Bahkan setiap hari saya terima laporan dari lurah-lurah sungai dan drainase itu terus dibenahi,” kata Iwan, Senin (21/10).

Menurutnya, untuk pembenahan drainase dengan perbaikan dinding drainase yang rubuh lantaran mampet oleh sedimentasi. Upaya yang dilakukan berupa pengangkatan sedimen dan pengerukan sampah.

“Pengerukan dilakukan bekerja siang malam, lihat saja kalau ada mobil PU yang sedang mengeruk di drainase atau sungai berarti mereka tengah mengerjakan tugasnya itu. Supaya  menjelang musim hujan bisa lancar semua,” ujarnya.

Menurutnya, adapun anggaran yang digelontarkan untuk perbaikan dan normalisasi tersebut bersumber dari APBD 2019. “Totalnya Rp2 miliar untuk Januari sampai Desember 2019,” bebernya.

Anggaran tersebut, lanjutnya, digunakan untuk mengupah pekerja dan perbaikan drainase secara mendadak dan normalisasi sungai. “Kita beli semen, batu, pasir dan petugas kita bayar harian sehingga cepat,” pungkasnya. (apr/kyd)



Komentar

Rekomendasi