oleh

Dua Kaling Diberhentikan, Delapan Ketua RT Lepaskan Jabatan

radarlampung.co.id – Delapan Ketua RT di Kelurahan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung, melepaskan jabatannya. Itu lantaran dua Kepala Lingkungan (Kaling) setempat diberhentikan secara tiba-tiba.

Hal tersebut terungkap setelah Subhan A. Latief selaku Koordinator Ketua RT lingkungan I sekaligus RT 08 mengantarkan surat pernyataan pengunduran diri delapan ketua RT lingkungan I ke kantor kelurahan setempat, Senin (21/10).

Subhan mengungkapkan, pengunduran diri secara massal tersebut dilatarbelakangi rasa solidaritas atas pemberhentian kaling I dan II secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

“Semua Ketua RT di lingkungan I menandatangani pengunduran diri atas kemauan sendiri, sebagai bentuk solidaritas,” kata Subhan kepada wartawan, Senin (21/10).

Menurutnya, pemberhentian Kaling tersebut diduga kuat sarat akan kepentingan. Padahal, ia menilai selama ini mereka merupakan kaling yang peduli dengan kemajuan lingkungan dan sangat baik dengan warga.

Karena itu, tindakan pengunduran diri tersebut dilakukan untuk memberikan pelajaran bagi lurah dan camat agar tidak semena-mena dalam memberhentikan jabatan tanpa ada sosialisasi atau komunikasi.

Subhan mengaku bahwa dirinya pernah didatangi oleh lurah untuk memberhentikan kaling I Triyono Arifin dan akan digantikan dirinya. Namun, baginya hal tersebut tidak ada dasarnya dan menyalahi Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 82/2012.

“Tiba-tiba lurah mendatangi saya, kalau kaling I mau diberhentikan dan saya akan ditunjuk sebagai penggantinya. Kata saya dasarnya apa, kata dia atas dasar peraturan wali kota,” ungkap Subhan.

Subhan menyebutkan, kesalahan yang mereka pahami atas pernyataan lurah tersebut lantaran menyebutkan bahwa pemberhentian kaling berdasarkan perwali No. 82/2012 lantaran masa jabatan kaling telah berakhir yakni tiga tahun.



Komentar

Rekomendasi