oleh

Penuhi Target Desa Berlistrik 98,25 Persen, Pemprov Lampung Pasang LTSHE 4.272 Unit

radarlampung.co.id – Pemprov Lampung mengeluarkan sejumlah program sektor energi guna mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Salah satunya dengan menargetkan rasio desa berlistrik ke angka 98,25 persen melalui Pemasangan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 4.272 unit yang tersebar di 30 Desa belum berlistrik di enam Kabupaten.

Hal ini diungkapkan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung pada Upacara Bendera Mingguan di Lapangan Korpri, Pemprov Lampung, Senin (21/10).

“Selain meningkatkan rasio desa berlistrik di tahun 2020, Pemprov Lampung juga bertekad akan meningkatkan kehandalan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas) dengan menambah 7.000 unit sambungan rumah tangga di Kota Bandarlampung,” kata Irwan.

Selain itu, Pemprov Lampung juga mendorong pemanfaatan energi skala kecil melalui pembangunan instalasi biogas pada masyarakat desa.

“Karena biogas selain dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak, juga memiliki multiplier effect, diantaranya menghasilkan pupuk organik berkualitas tinggi sebagai hasil sampingan, berkontribusi meningkatkan kualitas udara dan menurunkan emisi gas rumah kaca, serta membantu mengurangi subsidi pemerintah untuk bahan bakar,” tambahnya.

Untuk itu, Pemprov Lampung akan terus menjaga  pendapatan daerah sektor energi dan sumber daya mineral melalui Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Panas Bumi, Minyak dan Gas Bumi serta upaya meningkatkan pendapatan daerah melalui participating interest Blok South East Sumatera.

Tak hanya itu, Pemprov Lampung juga akan meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani dengan penyediaan dan pedustribusian LPD sebanyak 3.000 unit untuk kapal penangkap ikan dan 5.000 unit mesin pompa air bagi petani di Provinsi Lampung. (rma/rls/kyd)



Baca :   Kunker Ketua DPD RI, Arinal Beber Potensi Lampung

Komentar

Rekomendasi