oleh

Rp80 Miliar APBN untuk Pembangunan Stasiun Bandara

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rencana pembangunan Stasiun Bandara yang digagas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kini telah mendapatkan kucuran dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp80 miliar.

Anggaran ini di jelaskan Plt. Kadis Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo akan digunakan untuk membangun stasiun Bandara, sky bridge (jembatan penyerbangan) yang menghubungkan bandara dan stasiun serta emplasment stasiun.

”Kereta Bandara sudah dianggarkan untuk pembangunanya Rp80 miliar dari Dirjen Perkeretapian Kemenhub untuk pembangunan stasiun, sky bridge dan emplasment,” beber Bambang Minggu (20/10).

Saat ini untuk desain masih dalam rancangan di Kemenhub melalui Dirjen Perkeretaapian. Untuk pelaksaan di Lampungnya, Pemprov Lampung akan bekerjasama dengan PT KAI. Mengingat lahan yang digunakan seluas 1,3 hektar nantinya merupakan ground card PT KAI.

”Kami berbagi tugas nanti, untuk penertiban di depan bandara rencananya dilakukan akhir tahun ini dengan sosialisasi hingga awal tahun bisa clear. Sehingga pembangunan stasiun bandara targetnya bisa selesai 2020 dan 2021 bisa melayani kereta komuter baik Kotabumi, Martapura, dan Palembang,” tambahnya.

Namun, untuk pengoperasional penuhnya, Bambang mengatakan rencananya akan diselesaikan berbarengan dengan selesainya pembangunan short cut Tegineneng-Tarahan. Sebab, saat ini jadwal kereta sudah cukup padat sehingga belum memungkinkan jika menambah jumlah kereta sendiri di jadwal perlintasan kereta yang sudah padat. (rma/sur) 

Komentar

Rekomendasi