oleh

Waspada Penyakit Saat Musim Pancaroba

radarlampung.co.id – Warga Lampung harus mewaspadai penyakit yang kerap muncul pada musim pancaroba. Di antaranya ISPA dan diare. Kemudian demam berdarah dengue (DBD).

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Lampung Lisna mengungkapkan, cuaca ekstrem menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Kondisi tersebut membuat rentan terserang penyakit.

”Penyakit yang berpotensi muncul pada masa pancaroba seperti ISPA, diare dan DBD. Berpotensi mengingat cuaca berubah-ubah,” kata Lisna, Senin (21/10).

Lisna menyebutkan, salah satu antisipasi adalah dengan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). ”Pencegahan dengan PHBS. Jangan jajan sembarangan, bersihkan seluruh sisi rumah dan tempat tinggal. Terutama yang berpotensi menjadi sarang nyamuk,” tegasnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi menjelang musim pancaroba banyak potensi bencana yang akan ditimbulkan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, musim pancaroba akan mulai merata pada akhir Oktober hingga awal November 2019.

”Secara umum, kita prakirakan akhir Oktober hingga awal November. Karena luasnya wilayah Lampung, sebenarnya awal November sudah ada musim hujan. Tapi pada beberapa kabupaten/kota masih hujan ringan atau hujan lokal,” kata Rudy. (mel/ais)



Komentar

Rekomendasi